POLA INTERAKSI SOSIAL PADA PENDIDIKAN INKLUSI DI SD N SUDIRMAN AMBARAWA


PUTRI RETNOASIH, 0103514063 (2019) POLA INTERAKSI SOSIAL PADA PENDIDIKAN INKLUSI DI SD N SUDIRMAN AMBARAWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_PUTRI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Retnoasih, P. 2019.”Pola Interaksi Sosial Pada Pendidikan Inklusi di SD N Sudirman Ambarawa”. Tesis. Magister Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Maman Rachman, M. Sc. Pembimbing II Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M. Pd. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Pendidikan Inklusi, Pola Tujuan Penelitian ini yaitu 1)mendeskripsi strategi interaksi sosial Anak Berkebutuhan Khusus dengan sesama, siswa normal, guru, dan kepala sekolah dalam pendidikan inklusi di SD N Sudirman Ambarawa, 2)mendeskripsi upaya guru mengatasi permasalahan interaksi sosial Anak Berkebutuhan Khusus dan siswa normal dalam pendidikan inklusi di SD N Sudirman Ambarawa, 3)mengetahui bentuk pola interaksi sosial dalam pendidikan inklusi di SD N Sudirman Ambarawa. Lingkup kajian penelitian ini interaksi sosial pada pendidikan inklusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi interaksi sosial Anak Berkebutuhan Khusus dengan sesama Anak Berkebutuhan Khusus, siswa normal, guru, kepala sekolah dalam Pendidikan Inklusi di SD N Sudirman Ambarawa diuraikan sistematis dari aspek komunikasi, perilaku, kerjasama, motivasi, menghormati, konflik, penyelesaian konflik yang diidentifikasi berdasarkan tiga teori sosial. Upaya guru mengatasi masalah interaksi sosial Anak Berkebutuhan Khusus dan siswa normal dalam pendidikan inklusi di SD N Sudirman Ambarawa dilakukan melalui penanaman nilai toleransi, kerjasama, dan menghormati berpedoman teori pembelajaran sosial sehingga siswa dapat menerapkan pada perilaku sehari-hari. Terbentuk pola interaksi sosial harmonis dalam pendidikan inklusi di SD N Sudirman Ambarawa, mengacu pada pola lingkaran mengutamakan kebebasan bersifat demokratis. Simpulan penelitian ini dideskripsikan interaksi sosial Anak Berkebutuhan Khusus dengan semua pelaku pendidikan inklusi di SD N Sudirman Ambarawa berdasarkan aspek interaksi sosial. Dapat dideskripsikan upaya mengatasi permasalahan interaksi sosial yang dilakukan oleh guru terhadap siswa melalui penanaman nilai toleransi, kerjasama, dan menghormati. Terbentuk pola interaksi sosial harmonis antara Anak Berkebutuhan Khusus dengan semua pelaku pendidikan di SD N Sudirman Ambarawa mengacu pada pola lingkaran bersifat demokratis. Saran penelitian ini, guru hendaknya menguasai teknik membentuk pola interaksi melalui kerjasama dengan guru pendamping khusus, sekolah inklusi hendaknya mengembangkan jejaring dengan orangtua melalui paguyuban mempersiapkan guru pendamping khusus, serta orangtua hendaknya mampu menjalin komunikasi yang baik dengan guru maupun kepala sekolah di sekolah inklusi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Pendidikan Inklusi, Pola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Mar 2020 18:31
Last Modified: 11 Mar 2020 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35214

Actions (login required)

View Item View Item