ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHnDAN SELF EFFICACY BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI PADA PEMBELAJARAN VAN HIELE


ENDANG WIDIYANINGSIH, 0401514035 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHnDAN SELF EFFICACY BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI PADA PEMBELAJARAN VAN HIELE. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ENDANG.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Widiyaningsih, E. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Berdasarkan Tingkat Berpikir Geometri pada Pembelajaran van Hiele”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Zaenuri, SE, M.Si,Akt, Pembimbing II Dr. Dwijanto, M.S. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Efficacy, Tingkat Berfikir Geometri van Hiele Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran van Hiele terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa serta mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy berdasarkan tingkat berfikir geometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Asy-Syarifah tahun ajaran 2015/ 2016. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII yang terdiri atas satu kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan pembelajaran van Hiele dan satu kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji proporsi satu pihak dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran van Hiele efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Rata-rata siswa yang memperoleh pembelajaran van Hiele lebih tinggi dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Siswa pada tingkat 2 (deduksi informal) dapat mencapai semua indikator pemecahan masalah. Siswa pada tingkat 2 dapat melaksanakan tahapan pemecahan masalah sesuai dengan langkah-langkah Polya. Siswa pada tingkat 1(Analisis) Siswa belum dapat melaksanakan rencana penyelesaian dengan tepat. Siswa mengalami kesulitan untuk melaksanakan rencana pemecahan masalah. Siswa Pada tingkat 0 (visualisasi) belum dapat menyusun rencana dengan baik. Hasil analisis ketiga dimensi self-efficacy awal siswa tersebut menunjukkan bahwa siswa: (1) masih kesulitan dan berusaha menjauhi tugas-tugas yang sulit, (2) mudah menyerah bila menemui kesulitan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Efficacy, Tingkat Berfikir Geometri van Hiele
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Mar 2020 18:16
Last Modified: 11 Mar 2020 18:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35213

Actions (login required)

View Item View Item