MUSIK GAMBUS: BENTUK MUSIK DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SANGGAR AL-MUBAROK KOTA PALEMBANG
HANIFAH, 0204515032 (2020) MUSIK GAMBUS: BENTUK MUSIK DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SANGGAR AL-MUBAROK KOTA PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Hanifah. 2019. “Musik Gambus: Bentuk Musik dan Nilai Pendidikan Karakter pada Proses Pembelajaran di Sanggar Al-Mubarok Kota Palembang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Totok Sumaryanto F, M.Pd., Pembimbing II Dr. Wadiyo, M.Si. Kata kunci : Musik Gambus, Bentuk Musik, Komunikasi, Nilai Pendidikan Karakter. Tesis ini bertujuan untuk mengkaji bentuk musik Gambus, serta nilai pendidikan karakter yang terdapat pada proses pembelajaran di sanggar AlMubarok Kota Palembang dalam dunia Pendidikan. Tujuan penelitian adalah; (1) mengetahui dan menganalisis bentuk musik Gambus pada Sanggar Al-Mubarok di kota Palembang, (2) menunjukkan dan menganalisis nilai pendidikan karakter yang muncul pada proses pembelajaran musik Gambus di Sanggar Al-Mubarok Kota Palembang. Metode penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan interdisiplin. Desain penelitian adalah studi kasus. Fokus penelitian kepada musik Gambus dengan konsep bentuk musik, konsep komunikasi dan konsep nilai pendidikan karakter. Sumber data primer meliputi seniman, kepustakaan dan tokoh masyarakat, dan sumber data sekunder meliputi buku, dan referensi dari penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data kriteria kredibitas menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data terdiri atas reduksi, penyajian data, dan tahap verifikasi data menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Bentuk musik Gambus terdiri dari dua elemen waktu dan melodi. Pada elemen waktu yang digunakan musik Gambus menggunakan tempo Moderato; meter menggunakan sukat 4/4, dan terdapat satu pola ritme yang secara umum menggunakan nilai not 1 dan 1 2 ketuk yang dimulai di ketukan ke 1 sampai 4 menggunakan irama zapin dari alat musik darbouka, melodi banyak menggunakan not setengah ketuk dan not satu ketuk, serta beberapa not seperempat ketuk yang dimainkan secara melismatis. ketuk dengan nada tertinggi yaitu nada E2 (si), dan nada terendahnya yaitu F1 (do) dengan menggunakan tangga nada A minor phyrgian. (2) Nilai Pendidikan Karakter dalam proses pembelajaran menggunakan konsep komunikasi terdiri dari sender, receiver, message, feedback yang diaplikasikan melalui lirik musik Gambus yang terkandung nilai pendidikan karakter musik Gambus yang terdiri dari : 1) Nilai Dasar tercermin pada sikap saling menghormati; 2) Nilai Perilaku tercermin pada sikap toleransi tercermin pada sikap saling tukar pendapat, disiplin tercermin pada sikap selalu tepat waktu, tanggung jawab tercermin pada melaksanakan kewajiban, rasa ingin tahu tercermin ketika bertanya, jujur tercermin pada saat berkata tidak paham, kerja keras tercermin saat berlatih berusaha menghafal, mandiri tercermin saat berlatih dengan kesadaran sendiri tanpa disuruh dan di awasi oleh pelatih, bersahabat/komunikatif tercermin saat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Musik Gambus, Bentuk Musik, Komunikasi, Nilai Pendidikan Karakter. |
Subjects: | L Education > Special Education > Art education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 18:01 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 18:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35206 |
Actions (login required)
View Item |