KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERMUATAN ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD
PUTRI HANDAYANI, 0103517086 (2019) KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERMUATAN ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Putri Handayani. 2019. “Keefektifan Project Based Learning (PjBL) Bermuatan Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Dewi Liesnoor Setyowati, M.Si Pembimbing II Dr. Suharto Linuwih, M.Si Kata Kunci : Project Based Learning, Etnosains, Kemampuan Berpikir Kreatif Hasil observasi pada 27 siswa sekolah dasar menunjukkan bahwa pembelajaran belum mendukung pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa. Siswa yang mengenal keragaman budaya akan mempunyai kemampuan berpikir kreatif yang baik. Namun, pemanfaatan budaya sebagai sumber belajar di sekolah belum optimal, sehingga siswa kurang mengenal budaya di daerahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Pjbl yang memuat aspek sains terkait budaya masyarakat (etnosains) dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Desain penelitian eksperimen ini menggunakan pre-test and post-test Design Control Group. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD N 2 Majasari dan SD N 3 Majasari. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes tertulis, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Normalized Gain (NGain). Hasil temuan positif menunjukkan 1) proporsi ketuntasan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih dari 75%, 2) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran PjBL bermuatan etnosains lebih besar sama dengan nilai KKM individu, 3) analisis uji dua pihak membuktikan penerapan PjBL bermuatan etnosains berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, 4) analisis uji N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan peningkatan sedang yaitu 0,4 dan 0,3. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa telah meningkat moderat dan kreatif. Temuan positif pada penelitian bahwa pembelajaran yang mengeksplorasi, mengimplementasikan, dan melestarikan potensi lokal dapat membangun identitas dan karakter siswa yang berbudaya. Wawasan lokalitas dengan keanekaragaman budaya dapat menciptakan karakter persatuan dan keragaman di setiap wilayah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL dengan etnosains dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Etnosains, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 17:33 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 17:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35204 |
Actions (login required)
View Item |