PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMA BERBAGAI PEKERJAAN BERBASIS KONTEKSTUAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BATANG
ARISTA RISMANINGTYAS, 0103516077 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMA BERBAGAI PEKERJAAN BERBASIS KONTEKSTUAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BATANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (59MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rismaningtyas, Arista. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Tema Berbagai Pekerjaan Berbasis Kontekstual Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Batang”. Tesis. Magister Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. H. Achmad Slamet, M.Si. Pembimbing II Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto, S.Psi, M.A., Ph.D. Kata Kunci: Bahan ajar, Kontekstual, Tematik Penggunaan bahan ajar di sekolah dasar kurang optimal. Bahan ajar tidak sesuai dengan konteks lingkungan peserta didik sehingga peserta didik kurang mengenal lingkungannya sendiri. Proses pembelajaran yang dilakukan guru tidak berpusat pada peserta didik. Penggunaan bahan ajar belum optimal dan kurang memunculkan inovasi baru. Pembelajaran tematik di sekolah dasar perlu dianalisis untuk menemukan solusi dalam mengatasi kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi faktual bahan ajar tema berbagai pekerjaan, menganalisis model hipotetik bahan ajar tema berbagai pekerjaan berbasis kontekstual, dan menganalisis efektivitas produk final bahan ajar tema berbagai pekerjaan berbasis kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, dengan tahapan penelitian meliputi studi pendahuluan, pengembangan bahan ajar, dan uji coba produk. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar di Gugus Diponegoro Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV di tiga sekolah dasar SDN Yosorejo, SDN Krengseng 2, dan SDN Sidorejo 1. Sumber data penelitian berasal dari pakar ahli, pendidik, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi faktual pembelajaran tematik di sekolah dasar belum berjalan sebagaimana mestinya sehingga perlu dianalisis untuk menemukan solusinya. Hasil validasi produk oleh pakar mendapat nilai rata-rata 3,34 dengan persentase 83,58% dengan kategori layak. Hal ini menunjukkan bahwa produk bahan ajar dalam penelitian ini layak untuk diuji cobakan lebih lanjut. Efektivitas produk final menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil berlajar setelah menggunakan bahan ajar dengan hasil tes NGain pada uji coba skala terbatas 0,55 dengan kategori sedang dan 0,50 pada hasil penggunaan bahan ajar juga dikategorikan sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, Kontekstual, Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 17:42 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 17:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35203 |
Actions (login required)
View Item |