Kualitas Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Sel di SMA Negeri 1 Bumiayu menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E


Riski Fitriasari, 4401404007 (2011) Kualitas Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Sel di SMA Negeri 1 Bumiayu menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kualitas Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Sel di SMA Negeri 1 Bumiayu menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E]
Preview
PDF (Kualitas Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Sel di SMA Negeri 1 Bumiayu menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E) - Submitted Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran konstruktivisme yang menempatkan siswa sebagai subyek yang aktif dalam pembelajaran. Guru berperan sebagai motivator, fasilitator, pembimbing, dan meluruskan miskonsepsi siswa. LC 5E diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah belajar materi struktur dan fungsi sel di SMA N 1 Bumiayu. Sarana dan prasarana yang mendukung materi struktur dan fungsi sel di SMA Negeri 1 Bumiayu masih kurang memadai. Hal ini menyebabkan siswa kelas XI IPA masih harus berimajinasi tentang sel, sehingga materi ini merupakan materi hafalan, dimana siswa tidak benar-benar memahaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran materi struktur dan fungsi sel kelas XI IPA SMA N 1 Bumiayu menggunakan model pembelajaran LC 5E. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain one shoot case study. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Bumiayu tahun pelajaran 2010/2011. Sampelnya yaitu kelas XI IPA 3, XI IPA 4, dan XI IPA 5 yang diambil dengan teknik simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran LC 5E pada materi struktur dan fungsi sel. Variabel terikatnya meliputi minat, aktivitas, dan hasil belajar aspek kognitif siswa (hasil tes akhir, evaluasi setiap kompetensi dasar, dan pekerjaan rumah), serta kinerja guru dalam pembelajaran menggunakan LC 5E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal, siswa mempunyai minat yang tinggi terhadap pembelajaran, yakni sebesar 77,46% ( XI IPA 3), 73,57% ( XI IPA 4) dan 73,41% (XI IPA 5). Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran juga menunjukkan kriteria aktivitas yang sangat tinggi, yaitu sebesar 83,30% (XI IPA 3), 83,16% (XI IPA 4), dan 84,18% (XI IPA 5). Ketuntasan hasil belajar aspek kognitif secara klasikal yang diperoleh masingmasing kelas yakni 100%. Kinerja guru juga menunjukkan hasil yang baik, yakni guru mempunyai rata-rata persentase kinerja dengan kriteria yang sangat tinggi, yaitu sebesar 95,00% di kelas XI IPA 3, 96,47% di kelas XI IPA 4 dan 96,76% di kelas XI IPA 5. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran materi struktur dan fungsi sel di SMA N 1 Bumiayu menggunakan model pembelajaran LC 5E adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya empat parameter penelitian yaitu penilaian terhadap variabel terikat penelitian dari ketiga kelas penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, model pembelajaran LC 5E, materi struktur dan fungsi sel
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 28 Mar 2011 01:57
Last Modified: 25 Apr 2015 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item