PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMA/MA


TRI AURILIA HAKIM, 0402517044 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_TRI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hakim, A.T. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, and Share Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA/MA”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Aditya Marianti, M.Si, Pembimbing II Prof. Dr. Ir. Priyantini Widiyaningrum, M.S. Kata Kunci: Keanekaragaman Hayati, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif, Pengembangan LKS, SSCS. Perkembangan ilmu dan pengetahuan yang pesat pada abad 21 menimbulkan persaingan dari tiap negara untuk menciptakan berbagai inovasi di berbagai bidang. Untuk memenuhi tantangan tersebut, kemampuan berpikir secara kritis, logis, sistematis, dan kreatif harus dikembangkan agar mampu bertahan dan bersaing secara global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik LKS yang digunakan, menganalisis kelayakan LKS berdasarkan ahli materi, media, dan guru, serta menganalisis keefektivan LKS terhadap hasil belajar, dan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest. Sampel diambil menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling yang dilakukan di MAN 1 Brebes kelas X terdiri dari 3 kelas berjumlah 105 siswa. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) karakteristik LKS yang digunakan selama ini belum menunjukkan langkah pembelajaran dengan pendekatan ilmiah, salah satu contohnya yaitu soal-soal yang digunakan kebanyakan berada pada jenjang kognitif C1-C3. (2) LKS berbasis SSCS yang dikembangkan dinyatakan layak secara teoritis dilakukan melalui lembar validasi ahli materi, ahli media, dan ahli guru dengan skor masing-masing mendapatkan nilai 84%, 96%, dan 86%, atau berada pada kategori valid dan sangat valid. (3) pengembangan LKS berbasis SSCS efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dengan >75% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal, hasil analisis diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sebesar 86% yang tuntas dan 14% tidak tuntas dengan memperoleh skor rata-rata N-Gain 0,6 dalam kategori sedang, sedangkan hasil kreativitas siswa memiliki nilai persentase per indikator ≥ 50% dengan kriteria kreatif dan sangat kreatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis SSCS sangat layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman Hayati, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif, Pengembangan LKS, SSCS.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Mar 2020 14:52
Last Modified: 10 Mar 2020 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35199

Actions (login required)

View Item View Item