EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI LITERASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TESIS


DIAH PUSPITANINGRUM, 0202517022 (2020) EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI LITERASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TESIS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_DIAH_PUSPITANINGRUM.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Puspitaningrum, Diah. 2019. Evaluasi Kompetensi Literasi Akademik Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Ida Zulaeha, M.Hum., II Dr. Wagiran, M.Hum. Kata kunci: evaluasi, kompetensi, literasi akademik Perkembangan era revolusi industri 4.0 menuntut semua pihak dan semua sisi kehidupan mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Begitu pula dengan mahasiswa, diperlukan kepekaan untuk terus meningkatkan kualitas diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasikan kompetensi literasi akademik mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang yang mencakup deskripsi kualitas konteks, input, proses, dan produk kompetensi literasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang dirancang menggunakan model CIPP (Context, Input, Proses, dan Product). Pelaksanaan penelitian dilakukan pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang yang terbagi menjadi mahasiswa semester dua, empat, dan enam. Jumlah responden pada tiap tingkatan mahasiswa sebanyak 40 mahasiswa yang masih aktif dalam perkuliahan. Instumen penelitian yang digunakan anatara lain kuesioner, panduan wawancara, rubrik penilaian produk, dan panduan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini meliputi beberapa hal-hal berikut. pertama, kualitas konteks mendapat skor 70,5 dengan kendala berupa 1) kebijakan secara resmi oleh lembaga belum ada, 2) pengaturan waktu yang buruk, 3) penerapan kompetensi sebatas tugas, dan 4) dorongan, motivasi, dan pendampingan belum menyeluruh dan intensif. Kedua, kualitas input mendapat skor 68,7 dengan kendala berupa 1) peran dosen dan mahasiswa belum maksimal, menyeluruh, dan intensif, 2) lingkungan sesama mahasiswa belum kondusif, 3) kurangnya jaringan internet dan penyediaan computer umum untuk berliterasi, dan 4) kebermanfaatan perpustakaan yang belum maksimal. Ketiga, kualitas proses mendapat skor 68,9 dengan kendala berupa 1) pembiasaan membaca belum intensif, 2) kunjungan perpustakaan hanya keperluan tugas, dan 3) penerapan pembelajaran berbasis literasi dan evaluasinya yang belum menyeluruh dan intensif. Keempat, kualitas produk mendapat skor 68,5 dengan kendala berupa 1) penerapan penggunaan ejaan belum baik, 2) kesulitan pengembangan konsep ide menjadi tulisan yang runtut dan kritis, dan 3) kaidah pengutipan karya belum diterapkan dengan maksimal. Simpulan dari penelitian ini adalah kualitas kompetensi literasi akademik mahasiswa memperoleh skor rata-rata 69,15 dari keseluruhan evaluasi CIPP. Skor tersebut menunjukkan skor sedang dengan banyak kendala. Saran berdasarkan hasil tersebut yaitu pembentukan program secara serius oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan penyusunan yang matang untuk meningkatkan lagi kompetensi literasi akademik mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kompetensi, literasi akademik
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 10 Mar 2020 13:27
Last Modified: 10 Mar 2020 13:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35194

Actions (login required)

View Item View Item