TARI ANGGUK RODAT SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA MASYARAKAT DESA SEBOTO KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI


Sri Utami , 2501414042 (2019) TARI ANGGUK RODAT SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA MASYARAKAT DESA SEBOTO KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of TARI ANGGUK RODAT SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA MASYARAKAT DESA SEBOTO KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI]
Preview
PDF (TARI ANGGUK RODAT SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA MASYARAKAT DESA SEBOTO KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tari Angguk Rodat merupakan tari bernafaskan Islami yang hidup dan berkembang di Desa Seboto Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali yang memadukan unsur gerak, musik, dan sholawat. Tari Angguk Rodat sudah ada di Desa Seboto sejak tahun 1911. Pelaku Tari Angguk Rodat merupakan penduduk asli Desa Seboto. Berdasarkan seringnya tarian ini diikutkan dalam acara-acara penting di Kabupaten Boyolali, sehingga menimbulkan tarian ini menjadi salah satu identitas budaya di Desa Seboto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Bentuk pertunjukan tari Angguk Rodat sebagai identitas budaya Desa Seboto Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali dan Tari Angguk Rodat sebagai identitas budaya masyarakat Desa Seboto Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan antropologi, emik etik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa identitas budaya Desa Seboto melalui Tari Angguk Rodat meliputi biologis, sosial, kultural, religious, dan ekonomi masyarakat Seboto. Pertunjukan Tari Angguk Rodat sebagai identitas budaya masyarakat Seboto terdiri dari tema, pelaku, gerak, iringan, tata busana dan tata rias, tata pentas, pola lantai dan properti. Tari Angguk Rodat berfungsi sebagai sarana dakwah, sarana sosial dan sebagai sarana hiburan. Saran dari peneliti untuk kostum Tari Angguk Rodat hendaknya diperbaharui kembali, karena banyak yang sudah mengalami kerusakan dan bahkan hilang, kostum Tari Angguk Rodat juga dipatenkan agar kostum tidak selalu berbeda setiap pertunjukan. Oleh karena itu kostum Tari Angguk Rodat memiliki ciri khas dari segi kostum tari tersebut. Untuk bentuk pertunjukan Tari Angguk Rodat agar menambah variasi gerakan dengan tempo yang juga bervariasi agar pertunjukan terlihat lebih menarik. Para penari Angguk Rodat hendaknya lebih rutin berlatih agar semakin kompak dalam menari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Identitas Budaya, Tari Angguk Rodat
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Mar 2020 16:06
Last Modified: 09 Mar 2020 16:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35186

Actions (login required)

View Item View Item