PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMK NEGERI 1 BAWEN


Givan Sonya Gani , 2501414032 (2019) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMK NEGERI 1 BAWEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMK NEGERI 1 BAWEN]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMK NEGERI 1 BAWEN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni musik di SMK Negeri 1 Bawen dilaksanakan berdasarkan kurikulum 2013 dengan pembelajaran model kooperatif. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana penggunaan model kooperatif pada pembelajaran seni musik di SMK Negeri 1 Bawen. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya dalam pengetahuan dan perkembangan pendidikan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan pedagogik, musikologi dan media komunikasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data, waktu dan sumber. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan model pembelelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan 6 langkah seperti yang dikemukakan oleh Zulhartati (2010) antara lain: (1) guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengomunikasikan kompetensi dasar yang akan dicapai serta memotivasi siswa; (2) guru menyajikan informasi kepada siswa; (3) guru menginformasikan pengelompokan siswa; (4) guru memotivasi serta memfasilitasi kerja siswa dalam kelompok belajar; (5) guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran yang telah dilaksanakan; (6) guru memberikan penghargaan hasil belajar individual dan kelompok. Aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Saran: (1) guru dalam memberikan penghargaan tidak hanya berupa tepuk tangan dan pujian, bisa dengan memberikan penghargaan berupa hadiah bagi kelompok yang bisa menampilkan presentasinya dengan bagus. Sehingga siswa dapat termotivasi untuk menampilkan yang terbaik bagi kelompoknya. (2) guru dalam menyampaikan materi guru masih menggunakan metode ceramah sebaiknya dapat dikombinasikan dengan diskusi bersama siswa. Sehingga siswa di dalam kelas dapat aktif dan menambah pemahaman siswa terkait materi yang diberikan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni Musik, Model Kooperatif
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Mar 2020 15:54
Last Modified: 09 Mar 2020 15:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35183

Actions (login required)

View Item View Item