KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IV DITINJAU DARI SELF CONCEPT PADA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA NEO SNAKE AND LADDER GAME


FAUZI FADLIANSYAH, 0103517003 (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IV DITINJAU DARI SELF CONCEPT PADA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA NEO SNAKE AND LADDER GAME. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FAUZI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fauzi Fadliansyah, 2019. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV Ditinjau dari Self Concept Pada Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Media Neo Snake and Ladder Game”. Tesis. Magister Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Iwan Junaedi, S.Si., M.Pd. Pembimbing II Prof. Dr. Joko Sutarto, M.Pd. Kata Kunci: cooperative learning tipe jigsaw komunikasi matematis, neo snake and ladder game, self concept, Kemampuan komunikasi matematis masih dikategorikan belum baik. Beberapa hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran matematika siswa masih sulit untuk melakukan komunikasi matematis. Selain itu, rendahnya komunikasi matematis siswa SD disebabkan oleh komunikasi matematis yang tidak sejalan antara guru dan siswa. Untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa dibutuhkan model dan media pembelajaran yang dapat mendorong siswa dalam berkomunikasi matematis. Salat satu model dan media yang bisa membantu kemampuan komunikasi matematis siswa adalah model cooperative learning tipe jigsaw dan media neo snake and ladder game. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media neo snake and ladder game terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan (2) Menemukan Pola kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari self concept pada model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media neo snake and ladder game. Penelitian yang digunakan yaitu mix method dengan desain concurrent embedded. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV di SD Negeri Sukaratu 4 dan SD Negeri Sukaratu 1, Pandeglang Banten. Jenis data penelitian diperoleh dari pretest-posttest, angket, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t independen sampel t-test, dan uji n gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media neo snake and ladder game efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditandai dengan mencapai ketuntasan klasikal, rata-rata kemampuan komunikasi matematis model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media neo snake and ladder game lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis pada kelas dengan menggunakan pembelajaran biasa dan peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol (2) Ditemukan pola kemampuan komunikasi matematis yang bervariasi pada kelompok self concept Rendah, Sedang dan Tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning tipe jigsaw komunikasi matematis, neo snake and ladder game, self concept
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Mar 2020 15:51
Last Modified: 09 Mar 2020 15:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35182

Actions (login required)

View Item View Item