Ragam Sifat Tes Sumatif Bahasa Prancis SMA


Primana Dwi Prastyanti, 2314000032 (2005) Ragam Sifat Tes Sumatif Bahasa Prancis SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Ragam Sifat Tes Sumatif Bahasa Prancis SMA]
Preview
PDF (Ragam Sifat Tes Sumatif Bahasa Prancis SMA) - Published Version
Download (60kB) | Preview

Abstract

Sasaran pokok pengajaran bahasa adalah penguasaan bahasa. Penguasaan bahasa meliputi dua hal, yaitu penguasaan terhadap aspekaspek bahasa yang meliputi struktur, kosakata, ejaan, dan lafal, dan penguasaan bahasa yang bersangkutan untuk kegiatan komunikasi. Penguasaan terhadap aspek-aspek bahasa mempunyai sifat diskrit dan integratif. Penguasaan bahasa yang bersangkutan untuk kegiatan komunikasi mempunyai sifat pragmatik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah soal tes sumatif bahasa Prancis SMA kelas XI program bahasa semester I tahun ajaran 2004/2005 yang dibuat oleh tim MGMP bahasa Prancis kota Semarang sesuai dengan ragam sifat tes kebahasaan yaitu diskrit, integratif dan pragmatik. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah soal tes sumatif bahasa Prancis SMA kelas XI program bahasa semester I tahun ajaran 2004/2005 yang dibuat oleh tim MGMP bahasa Prancis kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Soal tes sumatif terdiri dari 50 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Soal tersebut dianalisis dengan mengacu pada indikator ragam sifat tes kebahasaan, yaitu diskrit, integratif, dan pragmatik. Setelah dianalisis, hasil yang didapat dipersentasekan. Hasil analisis menunjukkan bahwa soal tes sumatif bahasa Prancis SMA kelas XI program bahasa semester I tahun ajaran 2004/2005 yang dibuat oleh tim MGMP bahasa Prancis kota Semarang telah sesuai dengan ragam sifat tes kebahasaan, dengan prosentase sebagai berikut: 47,27 % butir soal mempunyai sifat diskrit, 29,1 % butir soal mempunyai sifat integratif, dan 23,63 % butir soal mempunyai sifat pragmatik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: diskrit, integratif, pragmatik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2011 01:44
Last Modified: 19 Aug 2011 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3518

Actions (login required)

View Item View Item