DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP KELUARGA MISKIN DI KABUPATEN PEKALONGAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN WONOPRINGGO)


EKY RISQIANA, 0301517009 (2019) DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP KELUARGA MISKIN DI KABUPATEN PEKALONGAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN WONOPRINGGO). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_EKY.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Risqiana, Eky. 2019. “Dampak Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap Keluarga Miskin di Kabupaten Pekalongan (Studi Kasus di Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan)”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Suyahmo, M.Si., Pembimbing II Dr. Eko Handoyo, M. Si. Kata Kunci: Kebijakan, Pengentasan Kemiskinan, Program Keluarga Harapan Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang dimiliki oleh tiap negara. Hal tersebut dikarenakan kondisi negaranya yang miskin atau masyarakatnya yang memiliki keterbatasan ketrampilan untuk memenuhi kebutuhannya. Beberapa kebijakan pengentasan kemiskinan diputuskan dan diimplementasikan oleh pemerintah Indonesia, salah satunya Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah ada sejak tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk bantuan PKH, peran pendamping PKH serta dampak PKH terhadap keluarga miskin di Kecamatan Wonopringgo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan tujuan menganalisis pelaksanaan PKH di salah satu kecamatan di Kabupaten Pekalongan, yakni Kecamatan Wonopringgo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk bantuan PKH yakni bantuan uang tunai PKH dan bantuan komplementaritas seperti jaminan kesehatan, jaminan pendidikan, bantuan pangan non tunai, beras sejahtera serta bantuan-bantuan lainnya baik yang dibiayai oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. (2) peran pendamping PKH yakni mendampingi peserta PKH dalam berbagai komitmen PKH seperti verifikasi pendidikan dan kesehatan, validasi calon peserta PKH, pemutakhiran data serta kegiatan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga. (3) dampak PKH terhadap keluarga miskin di Kecamatan Wonopringgo yakni, di satu sisi bisa menyadarkan masyarakat untuk hidup mandiri tanpa bergantung pada pemerintah, sadar pendidikan dan kesehatan serta peduli terhadap lingkungan. Namun, di sisi lain masih ada masyarakat yang bermental miskin dan merasa perlu dibantu oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya padahal kondisi secara fisik dianggap mampu oleh lingkungan sekitarnya. PKH diimplementasikan secara baik karena memberikan pengaruh terhadap pengentasan kemiskinan di Indonesia. Tetapi, di Kecamatan Wonopringgo pengentasan kemiskinan dengan kategori mandiri atau mampu sulit dilakukan karena tidak adanya koordinasi antara pendamping dan pemerintah setempat karena kurangnya sosialisasi PKH secara umum. Sehingga dibutuhkan koordinasi yang baik antarsektor pemerintah untuk bisa mewujudkan pengentasan kemiskinan di negara ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Pengentasan Kemiskinan, Program Keluarga Harapan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Mar 2020 15:19
Last Modified: 09 Mar 2020 15:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35179

Actions (login required)

View Item View Item