PILIHAN BAHASA MASYARAKAT BILINGUAL BANJAR–DAYAK DI PALANGKA RAYA DALAM RANAH KELUARGA


CORISA CHAROLINA, 0202517028 (2019) PILIHAN BAHASA MASYARAKAT BILINGUAL BANJAR–DAYAK DI PALANGKA RAYA DALAM RANAH KELUARGA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_CORISA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Corisa, Charolina. 2019. “Pilihan Bahasa Masyarakat Bilingual Banjar-Dayak di Palangka Raya dalam Ranah Keluarga”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Prof. Dr. Ida Zulaeha, M. Hum., Dr. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum. Kata Kunci: pilihan bahasa, bilingual, masyarakat banjar-dayak Masyarakat bilingual Banjar-Dayak dalam ranah keluarga yang dimaksud yaitu pasangan suami-istri yang melakukan pernikahan silang atau beda suku dalam satu keluarga ataupun dengan sesama mereka yang berasal dari suku yang sama, mereka menggunakan pilihan-pilihan bahasa yang disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan saat sedang berkomunikasi dengan sesama anggota keluarga untuk menciptakan suasana yang akrab dengan sesama penutur. Masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana wujud pilihan bahasa yang digunakan masyarakat bilingual Banjar-Dayak, (2) bagaimana fungsi yang diperankan oleh pilihan bahasa dalam masyarakat bilingual Banjar-Dayak, dan (3) faktor apa saja yang melatarbelakangi pilihan bahasa masyarakat bilingual Banjar- Dayak. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) menganalisis wujud pilihan bahasa masyarakat bilingual Banjar-Dayak, (2) menganalisis fungsi pilihan bahasa masyarakat bilingual Banjar-Dayak, (3) menganalisis faktor yang melatarbelakangi pilihan bahasa masyarakat bilingual Banjar-Dayak. Fokus penelitian ini adalah tuturan yang digunakan masyarakat bilingual Banjar-Dayak dalam ranah keluarga. Penelitian ini menggunakan dua macam perdekatan, yaitu pendekatan teoretis dan pendekatan metodologi. Pengumpulan data yang dilakukan melalui metode simak dan metode cakap. Analisis data menggunakan teknik PUP dan HBS. Sementara, penentuan fungsi dan faktor pilihan bahasa menggunakan metode kontekstual. Hasil analisis data yang berupa temuan penelitian disajikan menggunakan metode informal. Penelitian ini menghasilkan temuan berikut. Pertama,wujud pilihan bahasa masyarakat bilingual Banjar-Dayak dalam ranah keluarga meliputi bahasa Banjar, bahasa Dayak, dan bahasa Indonesia yang berupa tunggal bahasa, alih kode; Indonesia-Banjar, Indonesia-Dayak, Dayak-Banjar, Dayak-Indonesia, Banjar- Dayak, dan campur kode dalam bentuk kata, frasa, perulangan kata, dan klausa. Kedua, Fungsi pilihan bahasa masyarakat bilingual Banjar-Dayak ada 5 yaitu, instrumental, regulasi, representasi, interaksional, heuristik, dan personal. Ketiga, Faktor yang melatarbelakangi yaitu, situasi dan latar (waktu dan tempat), partisipan dalam interaksi, topik pembicaraan, dan fungsi interaksi. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini bertemali dengan kebermaknaan penelitian; yaitu sebagai dasar pengembangan penelitian lanjutan akan fenomena kebahasaan khususnya pada kajian sosiolinguistik. Penelitian ini memberikan rekomendasi menyangkut penggunaan bahasa daerah agar tidak terjadi pergeseran bahasa dalam suatu komunitas tutur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pilihan bahasa, bilingual, masyarakat banjar-dayak
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Mar 2020 15:06
Last Modified: 09 Mar 2020 15:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35176

Actions (login required)

View Item View Item