PEMBELAJARAN SENI TARI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 1 UNGARAN


Ria Iramadhani , 2501414008 (2019) PEMBELAJARAN SENI TARI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 1 UNGARAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SENI TARI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 1 UNGARAN]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SENI TARI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 1 UNGARAN) - Published Version
Download (720kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni tari merupakan suatu proses pembelajaran dalam menyampaikan suatu informasi kepada siswa, memberikan pengetahuan lebih luas tentang seni tari serta membuat siswa untuk lebih tertarik dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Proses tersebut terjadi pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Ungaran karena kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Media sangat berperan penting didalam suatu proses pembelajaran. Pentingnya media dalam pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio visual dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Penggunaan media audio visual dipandang akan lebih memudahkan siswa dalam memahami dan mengikuti proses pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah Bagaimana proses pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio visual dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas VIII A di SMP Negeri 1 Ungaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio visual dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas VIII A di SMP Negeri 1 Ungaran. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang dikemukakan oleh Sugiyono dan menggunakan pendekatan Pedagogis. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data diperiksa melalui trianggulasi teori yang dikemukakan oleh Rusman (2013) dan Kustiono (2010). Teknik analisis data menggunakan teori Milles, Matthew B & A. Michael Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio visual dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas VIII A di SMP Negeri 1 Ungaran. Proses pembelajaran diawali dengan guru membuka pelajaran kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan media audio visual dan guru memberikan evaluasi pada materi yang telah disampaikan. Pentingnya media dalam pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio visual dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Saran oleh peneliti bagi sekolah agar selalu mendukung dan memberikan fasilitas untuk pembelajaran khususnya dibidang seni tari. Bagi guru agar lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Bagi siswa harus lebih interaktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni Tari, Media Audio Visual
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Mar 2020 14:18
Last Modified: 09 Mar 2020 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35169

Actions (login required)

View Item View Item