PROSES PENANAMAN NILAI – NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN MARCHING BAND di MTs NU NURUL HUDA SEMARANG


Eko Yudi Prakoso , 2501413185 (2019) PROSES PENANAMAN NILAI – NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN MARCHING BAND di MTs NU NURUL HUDA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PROSES PENANAMAN NILAI – NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN MARCHING BAND di MTs NU NURUL HUDA SEMARANG]
Preview
PDF (PROSES PENANAMAN NILAI – NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN MARCHING BAND di MTs NU NURUL HUDA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai karakter pada diri siswa dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan menyisipkan nilai-nilai karakter dalam kegiatan ekstrakulikuler marching band. Berdasarkan pemaparan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan marching band si MTs NU Nurul Huda Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik penyajian dalam bentuk deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MTs NU Nurul Huda Semarang. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sedangkan proses analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing / verivication. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi, pedagogi, dan musikologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan marching band di MTs NU Nurul Huda Semarang dapat dilakukan melalui 3 kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan ada 3 hal yang disiapkan oleh pelatih: (1) menyiapkan nilai-nilai karakter apa yang akan ditanamkan; (2) pemilihan lagu; (3) membuat jadwal latihan. Pada tahap pelaksanaan, proses penanaman nilai karakter melalui momen; (1) Pada momen historis, pelatih menceritakan tentang isi dari lagu yang akan dimainkan; (2) pada momen reflektif pelatih menceritakan tentang pengalaman pribadi pelatih pada siswa, agar siswa dapat termotivasi; (3) pada saat momen praktis pelatih memberikan contoh cara memainkan alat-alat musik marching band, kemudian siswa memainkan alat musik marching band secara bergiliran dan selanjutnya dimainkan bersama-sama. Pada tahap evaluasi, pelatih menggunakan 2 teknik yaitu; (1) teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil dari proses penanaman nilai karakter dengan menggunakan alat dan bahan yang sudah disiapkan; (2) teknik nontes digunakan pelatih untuk menilai kepribadian anak secara menyeluruh dengan melakukan observasi dan wawancara. Saran: (1) Salah satu upaya untuk mengatasi permasalaan kenakalan remaja sekarang ini yaitu melalui penanaman nilai karakter; (2) Guru hendaknya lebih dapat memahami karakter-karakter siswa yang berbeda, sehingga proses penanaman nilai karakter dapat berlangsung dengan baik; (3) Siswa diharapkan dapat mengimplementasikan kemajuan teknologi dengan positif dan bijaksana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Karakter, ekstrakurikuler, Marching band, kurikulum 2013, seni musik.
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Mar 2020 14:11
Last Modified: 09 Mar 2020 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35167

Actions (login required)

View Item View Item