KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING DITINJAU DARI LOGICAL-MATHEMATICAL DAN MUSICAL INTELLIGENCE


AINUR RIFQI, 0401517032 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING DITINJAU DARI LOGICAL-MATHEMATICAL DAN MUSICAL INTELLIGENCE. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_AINUR.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rifqi, Ainur. 2019. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Ditinjau Dari Logical-mathematical danMusical Intelligences”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Rochmad, M.Si., Pembimbing II Prof. Dr. Hardi Suyitno, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Guided Inquiry, Logical-mathematical, Musical dan Intelligence Penelitian ini bertujuan untuk: (1)menguji ketuntasan pembelajaran POGIL terhadap kemampuan berpikir kritis, (2)menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dikenai model POGIL dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dikenai model PBL, (3) menguji pengaruh logical-mathematical intelligence dan musical intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan (4) mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau darilogical-mathematical intelligencedanmusical intelligence. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mix method dengan desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Islamiyah Sapugarut Kab Pekalongan tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas X AKL 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan kelas X AKL 4 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan model Problem Based Learning(PBL). Pengambilan subjek berdasarkan kategori logical-mathematical intelligence tinggi dan musical intelligence rendah, logical-mathematical intelligence rendah dan musical intelligence tinggi dan logical-mathematical intelligence dan musical intelligence tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran POGILtuntas terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dikenai model POGIL lebih baik dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dikenai model PBL (3) terdapat pengaruh logical-mathematical intelligence dan musical intelligence terhadap kemampuan berrpikir kritis sebesar 23,2%, (4) kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa dengan kategorilogical-mathematical intelligence tinggi dan musical intelligence rendah serta siswa dengan kategori logical-mathematical intelligence dan musical intelligencetinggi sudah mulai nampak atau berkembang serta kemampuan berpikir kritis sedangkan siswa dengan kategori logical-mathematical intelligence rendah dan musical intelligence tinggi belum nampak atau masih kurang berkembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Guided Inquiry, Logical-mathematical, Musical dan Intelligence
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Mar 2020 14:13
Last Modified: 09 Mar 2020 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35165

Actions (login required)

View Item View Item