ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI SAINS DAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS ETNOSAINS


ALIM, 0103516054 (2019) ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI SAINS DAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS ETNOSAINS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ALIM.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Alim. 2019. “Analisis Keterampilan Literasi Sains dan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Etnosains”. Tesis. Progam Studi Pendidikan Dasar PGSD. Progam Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sarwi, M.Si., Pembimbing II Dr. Bambang Subali, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Etnosains; Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Literasi Sains; Karakter Peserta Didik Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui karakteristik pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnosains. Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnosains adalah proses pembelajaran sains yang mengkaitkan pelajaran dengan muatan lokal melalui tahapan orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. 2) mengetahui penguasaan literasi sains pada pelaksanaan pembelajaran model inkuiri terbimbing berbasis etnosains, 3) mengetahui perkembangan karakter peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran model inkuiri terbimbing berbasis etnosains, 4) mengetahui korelasi peningkatan keterampilan literasi sains dengan karakter peserta didik. Jenis penelitian ini adalah mixed-methods, dengan desain embedded experimental model. Sampel penelitian sebanyak 56 siswa dari 2 sekolah dasar yaitu siswa kelas V SDN 2 Wonosobo sebagai kelas kontrol dan SDN 5 Wonosobo sebagai kelas eksperimen. Sampel data kualitatif dipilih 3 sampel yang memperoleh nilai pretest rendah (SP1), sedang (SP-2), dan tinggi (SP-3). Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji homogenitas, Normalized Gain (N-Gain) dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pembelajaran inkuiri terbimbing dengan tahapan orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan dikaitkan dengan etnosains masuk kategori baik dengan skor 85 untuk SDN 5 Wonosobo, 2) Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnosains meningkatkan penguasaan literasi sains peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil penguasaan literasi sains peserta didik yang mencapai rata-rata 90 untuk SDN 5 Wonosobo, 3) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnosains mengembangkan karakter peserta didik. Karakter yang muncul dari SP-1, SP-2, dan SP-3 bervariasi yang diperlihatkan dari pertemuan 1 sampai 3 semakin berkembang kearah yang lebih baik, 4) Terdapat korelasi antara penguasaan literasi sains dengan perkembangan karakter peserta didik. Korelasi antara literasi sains dengan karakter mencapai nilai correlation coefficient 0,575 yang artinya terdapat pengaruh antara penguasaan literasi sains dengan perkembangan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Etnosains; Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Literasi Sains; Karakter Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 09 Mar 2020 13:51
Last Modified: 09 Mar 2020 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35163

Actions (login required)

View Item View Item