KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES BERMUATAN ETNOMATEMATIKA


SURYANDARU PRASETYO JATI , 0401517041 (2019) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES BERMUATAN ETNOMATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_SURYANDARU_PRASETYO_JATI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (20MB) | Preview

Abstract

Jati, Suryandaru Prasetyo. 2019. ”Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Pada Pembelajaran Model Eliciting Activities Bermuatan Etnomatematika”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Zaenuri, S.E. M.Si. Akt, Pembimbing II Dr. Mohammad Asikin, M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Eliciting Activities, Etnomatematika, Gaya Belajar. Kemampuan komunikasi matematis, gaya belajar memegang peranan dalam pembelajaran matematika. Permasalahan etnomatematika dapat digunakan sebagai masalah untuk mempermudah siswa belajar. Model Eliciting Activities (MEAs) bermuatan etnomatematika merupakan pembelajaran yang melatih siswa memecahkan masalah etnomatematika dalam kelompok. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis kualitas pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) bermuatan etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (2) Menguji perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik pada pembelajaran MEAs bermuatan etnomatematika, MEAs, dan PBL; (3) Memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran MEAs bermuatan etnomatematika. Penelitian ini adalah penelitan Mixed method sequential eksplanatory. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes kemampuan komunikasi matematis, kuesioner, observasi dan wawancara. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 1 Delanggu. Data kuantitatif dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Data kualitatif diambil berdasarkan gaya belajar siswa yaitu visual, auditorial dan kinestetik serta kemampuan komunikasi matematis awal siswa tinggi, sedang dan rendah. Sampel kuatitatif adalah kelas VII D, VII E dan kelas VII F. Sampel kualitatif dipilih sembilan siswa yang mewakili setiap gaya belajar dan kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data kuantitatif dengan statistika parametrik uji proporsi, uji beda proporsi, uji t dan uji beda ratarata. Teknik analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran MEAs bermuatan etnomatematika berkualitas; (2) Hasil pencapaian siswa gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik pada pembelajaran MEAs bermuatan etnomatematika, MEAs dan PBL berbeda-beda; (3) Level komunikasi matematis tertulis dan lisan siswa bergaya belajar visual tinggi adalah 2 dan 3, sedang 3 dan 3, rendah adalah 1 dan 1. Pencapaian level komunikasi matematis siswa auditorial tinggi adalah 4 dan 4, sedang 4 dan 4, rendah adalah 2 dan 3. Pencapaian level komunikasi matematis siswa kinestetik tinggi adalah 3 dan 3, sedang 3 dan 2, rendah adalah 3 dan 2. Berdasarkan hasil penelitian, model MEAs bermuatan etnomatematika dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Eliciting Activities, Etnomatematika, Gaya Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 09 Mar 2020 13:04
Last Modified: 09 Mar 2020 13:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35158

Actions (login required)

View Item View Item