MODERNISASI DALAM INVOLUSI PERTANIAN PADA MASYARAKAT PETANI DI DESA SOKI KECAMATAN BELO KABUPATEN BIMA NUSA TENGGARA BARAT


ROSTATI, 0301517020 (2019) MODERNISASI DALAM INVOLUSI PERTANIAN PADA MASYARAKAT PETANI DI DESA SOKI KECAMATAN BELO KABUPATEN BIMA NUSA TENGGARA BARAT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ROSTATI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Rostati, 2019. “modernisasi dalam involusi pertanian pada masyarakat petani di Desa Soki, Kecamatan Belo, Kabuapten Bima, Nusa Tenggara Barat”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Agustinus Sugeng Priyanto., M.Si Pembimbing II Dr. Puji Hardati., M.Si Kata Kunci: Modernisasi, Involusi, Pertanian Masyarakat petani di Desa Soki, Kecamatan Belo, Kabaupaten Bima, Nusa Tenggara Barat mengalami modernisasi dalam involusi pertanian sehingga menyebabkan masyarakat petani menyewah lahan dan menjadi buruh tani. Tujuan penelitian ini, diantaranya; 1) Menganalisis bentuk-bentuk modernisasi pertanian pada petani di Desa Soki, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, 2) Menganalisis dampak modernisasi dalam involusi pertanian pada petani di Desa Soki,Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, 3) Mengalisis upaya pemerintah menanggulangi modernisasi dalam involusi pertanian pada petani di Desa Soki, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, 4) Menganalisis bentuk-bentuk sistem nilai kekerabatan pada petani di Desa Soki, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima. Penelitian ini dilakukan di Desa Soki, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk modernisasi pertanian pada masyarakat petani di Desa Soki mulai dari pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan, pemaneman dan pasca panen ternyata masyarakat petani dari sebagian kegiatan pertanian masih menggunakan tata cara dan alat pertanian yang tradisiona. Dampak involusi pertanian menyebabakan masyarakat petani di Desa Soki menjadi buruh tani dan menyewah lahan milik orang lain. Upaya pemerintah adalah menyiapkan lahan tani baru serta memberikan bantuan sarana dan prasaranan pertanian. Sistem kekerabatan masyarakat petani di Desa Soki untuk mempererat tali persaudaraan dan mempercepat pekerjaan adalah gotong-royong dan kerja bergilir. Masyarakat petani perlu meningkatkan kerja bersama dengan kelompok tani untuk membagi pengalaman serta pencapaian tujuan yang sama yakni meningkatkan hasil padi dan bawang merah. Pemerintah perlu meningkatkan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat petanisupaya dapat meningkatkan produksi pangan, merangsang pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani. Pemerintah terus menerapkan program mengendalikan pertumbuhan penduduk dengan mengendalikan angka kelahiran dapat menjamin terkendalinya pertambahan penduduk sekaligus persediaan lahan pertanian dengan penggarapnya seimbang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Modernization, Involution, Agriculture
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 09 Mar 2020 12:48
Last Modified: 09 Mar 2020 12:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35157

Actions (login required)

View Item View Item