KURIKULUM PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL DALAM PONDOK PESANTREN


AHMAD SYUKRON, 0104517002 (2020) KURIKULUM PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL DALAM PONDOK PESANTREN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_AHMAD_SYUKRON.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (20MB) | Preview

Abstract

Syukron, Ahmad. 2019. “Kurikulum Pendidikan Diniyah Formal dalam Pondok Pesantren”. Tesis. Program Studi Pengembangan Kurikulum. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Samsudi, M.Pd., Pembimbing II Dr. Kustiono, M.Pd. Kata Kunci : Kurikulum, Pendidikan Diniyah Formal, Pesantren Mulai tahun 2015 jenis layanan pendidikan formal secara nasional telah bertambah dengan munculnya pendidikan diniyah formal (PDF) khusus untuk pesantren. Beberapa pesantren telah menerapkan kurikulum PDF tersebut akan tetapi dalam pengembangannya tidak didukung dengan adanya dokumen perencanaan, sehingga perlu dikaji dan diteliti lebih rinci agar diperoleh gambaran utuh mengenai aktualisasinya di dalam pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum PDF di pesantren APIK Kaliwungu dan pesantren Walindo Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus multi situs. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum PDF. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan kurikulum PDF yang dilaksanakan di pondok pesantren APIK dan Walindo sudah sesuai dengan aturan dasar PDF yang telah ditetapkan oleh pemerintah mulai dari tujuan, materi dan sumber belajar, alokasi waktu, serta sistem penilaian. Meskipun demikian, pesantren tersebut masih tetap mempertahankan kekhasan pesantren yang meliputi muatan lokal, pengelolaan kelas, serta strategi pembelajaran yang digunakan seperti bandongan dan sorogan. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi beberapa pesantren yang menerapkan kurikulum PDF serta dapat membantu menyebarluaskan informasi tentang keberadaan PDF di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan demikian, lulusan dari PDF ini diharapkan dapat diterima baik di pendidikan tinggi maupun institusi formal lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Diniyah Formal, Pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 06 Mar 2020 18:55
Last Modified: 06 Mar 2020 18:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35152

Actions (login required)

View Item View Item