PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA SIMELI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN INTER-INTRAPERSONAL


Wahyuning Fitriyanti , 0103517116 (2019) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA SIMELI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN INTER-INTRAPERSONAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_WAHYUNING_FITRIYANTI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Fitriyanti, Wahyuning. 2019. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Simeli Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Inter-intrapersonal. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar PGSD Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Wiwi Isnaeni, M.S., Pembimbing II Dr. Suharto Linuwih, M.Si. Kata Kunci: CTL, media simeli, hasil belajar kognitif, keterampilan interintrapersonal Pembelajaran yang dilakukan guru didominasi ceramah sehingga kurang menarik dan membosankan. Guru tidak menggunakan media benda nyata. Guru tidak menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Siswa kurang memahami materi yang dijelaskan guru sehingga hasil belajar kognitif dan keterampilan inter-intrapersonal rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media simeli terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan inter-intrapersonal siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA materi energi listrik. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif quasi experiment. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media simeli. Kelas “kontrol” diberikan pembelajaran yang biasa dilakukan guru yaitu menggunakan metode ceramah dan media gambar. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VI SD di Kecamatan Jumo. Pengambilan sampel dengan purposive sampling, diperoleh siswa sebanyak 22 dari SDN 1 Jombor, 25 dari SDN Giyono, dan 23 dari SDN 1 Kertosari. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran CTL dengan media simeli. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar kognitif dan keterampilan inter-intrapersonal. Keterampilan interpersonal yang diukur difokuskan pada aspek kerjasama, peduli, dan percaya diri. Keterampilan intrapersonal yang diukur difokuskan pada keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan komunikasi. Data penelitian diperoleh dari tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji anava dengan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen I sebesar 92,50, kelas eksperimen II sebesar 92,72 dan kelas kontrol sebesar 70,13. Sedangkan rata-rata keterampilan interintrapersonal kelas eksperimen I sebesar 82,41, kelas eksperimen II sebesar 81,48 dan kelas kontrol sebesar 73,13. Data tersebut menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif dan keterampilan inter-intrapersonal kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Uji anava hasil belajar kognitif menunjukkan nilai F=116,210 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05, sedangkan keterampilan interintrapersonal menunjukkan nilai F=13,088 dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media simeli berpengaruh meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan inter-intrapersonal siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA materi energi listrik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: CTL, media simeli, hasil belajar kognitif, keterampilan interintrapersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 06 Mar 2020 18:36
Last Modified: 06 Mar 2020 18:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35151

Actions (login required)

View Item View Item