MODEL DETERMINAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR
Hendrik A. E. Lao, 0101615004 (2019) MODEL DETERMINAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR. PhD thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Lao, Hendrik A.E, 2018. Model Determinan Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Kupang-Nusa Tenggara Timur. Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Promoto Prof. Dr. Rasdi Eko Siswoyo, M.Sc, Kopromotor Prof. Dr. Joko Sutarto, M.Pd, anggota Promotor Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional, Budaya Sekolah, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru. Kinerja merupakan faktor penting dalam menentukan tercapai atau tidaknya tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsi dan menganalisis kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional guru, budaya sekolah dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain kausal. Pengumpulan data melalui angket kepada 215 responden guru SMA Negeri di Kota Kupang dengan teknik pengambilan Proposional Random Sampling. Analisis penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) untuk mengungkapkan peran kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional, budaya organisasi tehadap kinerja. Temuan penelitian membuktikan: (1) ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional, budaya sekolah terhadap kepuasan kerja; (2) ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional, dan budaya sekolah dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Simpulan: Kinerja guru ditentukan oleh berbagai faktor yaitu kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional, budaya sekolah dan kepuasan kerja. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja guru adalah kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja sehingga disarankan untuk pembuat kebijakan atau dinas terkait bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja merupakan faktor yang efisien dan efektif untuk meningkatkan kinerja guru. Semakin baik kepemimpinan kepala sekolah, maka semakin meningkat kinerja guru. Begitu pula semakin kuat kepuasan kerja, maka semakin meningkat kinerja guru.
Item Type: | Thesis (PhD) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional, Budaya Sekolah, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Education Management |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 12:47 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 12:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35146 |
Actions (login required)
View Item |