PROSES PEMBELAJARAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DI SEKOLAH INTI GUGUS ANGGREK KECAMATAN CANDISARI SEMARANG


Isna Rizki Mubarokah , 0103514068 (2019) PROSES PEMBELAJARAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DI SEKOLAH INTI GUGUS ANGGREK KECAMATAN CANDISARI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ISNA_RIZKI_MUBAROKAH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Mubarokah, Isna Rizki. 2019. “Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi di Sekolah Inti Gugus Anggrek Kecamatan Candisari Semarang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sungkowo Edi Mulyono, S.Pd, M.Si Pembimbing II Ir. Dr. Rodia Syamwil, M.Pd. Kata Kunci : pembelajaran berpikir tingkat tinggi, kurikulum 2013, pendekatan saintifik Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (a) cara yang dilakukan guru dalam menerapkan proses berpikir tingkat tinggi pada anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran, (b) Strategi guru dalam menerapkan proses berpikir tingkat tinggi pada anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Sekolah Inti Gugus Anggrek Kecamatan Candisari Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Sekolah Inti yang berada di lingkungan Gugus Anggrek Kecamatan Candisari Semarang. Instrumen dalam penelitian ini yaitu panduan wawancara yang dibuat peneliti untuk dapat dipergunakan saat mendapatkan informasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi kemudian dianalisis melalui cara reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menjunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah Inti Gugus Anggrek Kecamatan Candisari Semarang sudah menggunakan Kurikulum 2013 yang didalamnya terdapat pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk dapat mengemas pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan cara pemecahan masalah merupakan salah satu hal yang efektif digunakan untuk membuat anak lebih kreatif dan kritis. Saran yang diharapkan dari penelitian ini adalah guru terus mengambangkan kemampuannya dalam mengemas proses pembelajaran yang berpusat kepada anak dan dapat membuat anak berpikir tingkat tinggi dalam setiap kegaiatan yang dilakukannya. Keberhasilan guru dalam mendesain pembelajaran tidak lepas dari terpenuhinya sarana dan prasarana yang tersedia di lembaga sekolah. Oleh karena itu, lembaga sekolah hendaknya juga bisa menyediakan sarana dan prasarana yang lebih memadahi guna membantu guru dalam mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berpikir tingkat tinggi, kurikulum 2013, pendekatan saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 06 Mar 2020 12:21
Last Modified: 06 Mar 2020 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35145

Actions (login required)

View Item View Item