PELANGGARAN KESANTUNAN TUTURAN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA INSANI


Nanang Kusworo, 0202514065 (2019) PELANGGARAN KESANTUNAN TUTURAN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA INSANI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_NANANG_KUSWORO1.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kusworo, Nanang. “Pelanggaran Kesantunan Tuturan Pendidik dan Peserta Didik dalam Interaksi Pembelajaran di SMP Islam Terpadu Bina Insani”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., Pembimbing II Prof. Dr. Ida Zulaeha, M.Hum. Kata Kunci: pelanggaran kesantunan, tuturan pendidik, tuturan peserta didik Bahasa merupakan alat pengantar yang digunakan pendidik untuk menyampaikan materi, menasihati, dan memotivasi peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Pendidik dan peserta didik diharapkan dapat melaksanakan interaksi yang baik selama pembelajaran berlangsung. Bahasa yang digunakan pendidik dalam berinteraksi dengan peserta didik diharapkan dapat dipahami dan diterima dengan baik oleh peserta didik sehingga peserta didik lebih mudah dan cepat dalam memahami materi dan menguasai kompetensi yang diajarkan. Selain pendidik, peserta didik juga diharapkan mampu menggunakan bahasa dengan baik ketika berinteraksi di dalam kelas. Tuturan peserta didik juga dapat mempengaruhi kondisi kelas. Oleh karena itu, pelanggaran kesantunan tuturan pendidik dan peserta didik seharusnya tidak terjadi di dalam kelas. Penelitian ini untuk menganalisis pelanggaran kesantunan berbahasa pendidik dan peserta didik, skala kesantunan, dan faktor penyebab pelanggaran kesantunan berbahasa pendidik dan peserta didik dalam interaksi pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Insani. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dan diskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah tuturan pendidik dan peserta didik yang diduga mengandung pelanggaran prinsip kesantunan. Data penelitian ini berupa penggalan tuturan pendidik dan peserta didik beserta konteksnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak bebas libat cakap dengan teknik dasar yaitu teknik simak dan teknik lanjutan yaitu teknik rekam dan teknik catat. Hasil penelitian ini yaitu pada tuturan pendidik ditemukan pelanggaran terhadap bidal ketimbangrasaan, bidal keperkenaan, bidal kemurahhatian, bidal kesimpatian, dan bidal kesetujuan, sementara itu pada tuturan peserta ditemukan pelanggaran terhadap bidal ketimbangrsaan, bidal keperkenaan, bidal kemurahhatian, bidal kesimpatian, dan bidal kesetujuan. Skala kesantunan pada tuturan pendidik dan peserta didik diukur dengan rentang skala biaya-keuntungan, skala pilihan, dan skala ketidaklangsungan. Faktor penyebab pelanggaran kesantunan pendidik dan peserta didik yaitu kritik secara langsung, dorongan rasa emosi, protektif terhadap pendapat, sengaja menuduh mitra tutur, dan sengaja memojokkan mitra tutur. Simpulan penelitian ini yaitu pada interaksi pembelajaran masih ditemukan pelanggaran kesantunan pada tuturan pendidik dan peserta didik. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut hingga tujuan dan fungsi tuturan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pelanggaran kesantunan, tuturan pendidik, tuturan peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 05 Mar 2020 14:12
Last Modified: 05 Mar 2020 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35142

Actions (login required)

View Item View Item