KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TEKNIK MODELING BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM UNTUK MENURUNKAN MORAL DISENGAGEMENT DAN MENINGKATKAN INTEGRITAS AKADEMIK SISWA


Imam Setyo Nugroho , 0106517018 (2019) KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TEKNIK MODELING BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM UNTUK MENURUNKAN MORAL DISENGAGEMENT DAN MENINGKATKAN INTEGRITAS AKADEMIK SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_IMAM.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nugroho, Imam Setyo. 2019. “Keefektifan Kelompok Psikoedukasi Teknik Modeling Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Menurunkan Moral Disengagement dan Meningkatkan Integritas Akademik Siswa”. Tesis. iv Program Studi Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Anwar Sutiyo, M.Pd., Pembimbing II Sunawan, S.Pd., M.Si., Ph. D. Kata Kunci: kelompok psikoedukasi, moral disengagement, integritas akademik Kecurangan akademik menjadi problematikan pendidikan saat ini.Tingginya tingkat kecurangan akademik siswa dipengaruhi oleh tingginya moral disengagement dan rendahnya integritas akademik siswa yang ditunjukkan dengan banyak siswa yang lebih mementingkan hasil daripada proses belajar dan melakukan jalan pintas untuk mendapatkan hasil atau nilai belajar yang baik, sehingga orientasi belajar siswa hanya gelar dan ijazah semata. Fenomena dunia pendidikan yang sedemikian rupa, maka perlu adanya intervensi untuk menurunkan tingkat moral disengagement dan meningkatkan integritas akademik siswa. Moral disengagement adalah suatu proses sosial kognitif yang membuat seseorang melakukan tindakan yang amoral dengan tetap mempertahankan standar moral yang dimiliki sebagai akibat dari dinonaktifkannya proses regulasi diri. Sedangkan integritas akademik yaitu sikap dan perilaku bernilai positif yang sesuai dengan ajaran agama dan budaya siswa dalam berbagai situasi dan praktik akademik yang dilandasi kejujuran, kepercayaan, keadilan, rasa hormat, tanggung jawab, dan keberanian. Kelompok psikoedukasi teknik modeling berbasis nilainilai Islam adalah bentuk intervensi yang dilaksanakan dalam suasana kelompok dengan metode pendidikan serta menggunakan model yang mendemontrasikan nilai-nilai Islam keikhlasan, sidiq dan amanah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif desain factorial desain dengan sampel penelitian 40 siswa yang dipilih secara purposive dari 420 siswa SMP Negeri 35 Semarang yang memiliki moral disengagement yang tinggi dan integritas akademik yang rendah. Hasil analisis dengan menggunakan MANCOVA menunjukkan bahwa Kelompok psikoedukasi teknik modeling berbasis nilai-nilai Islam efektif dalam menurunkan moral disengagement (F(1,36) = 47.58, p < 0.01) dan meningkatkan integritas akademik (F(1,36) = 108.61, p < 0.01).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kelompok psikoedukasi, moral disengagement, integritas akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 05 Mar 2020 20:37
Last Modified: 05 Mar 2020 20:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35141

Actions (login required)

View Item View Item