ANALISIS PENGARUH POLA KONSUMSI MAKAN, STATUS GIZI DAN FAKTOR GENETIK TERHADAP KEJADIAN DIABETES MELLITUS TIPE II DI KABUPATEN KULON PROGO D.I YOGYAKARTA


Asyumdah, 0613517005 (2020) ANALISIS PENGARUH POLA KONSUMSI MAKAN, STATUS GIZI DAN FAKTOR GENETIK TERHADAP KEJADIAN DIABETES MELLITUS TIPE II DI KABUPATEN KULON PROGO D.I YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ASYUMDAH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Asyumdah, 2020. “Analisis Pengaruh Pola Konsumsi Makan, Status Gizi dan Faktor Genetik Terhadap Kejadian Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta”. Tesis. Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Ari Yuniastuti, S. Pt, M.Kes. Pambimbing II: Dr. Asih Kuswardinah, M.Pd. Kata Kunci: Diabetes Mellitus, Pola makan, Status gizi, faktor genetik Diabetes Mellitus Tipe 2 adalah kelainan patofisiologi dari resistensi insulin. Terjadi peningkatan kejadian diabetes mellitus tipe 2 di Kabupaten Kulon Progo dari tahun 2016 sampai 2018. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pola konsumsi makan, status gizi dan faktor genetik terhadap kejadian diabetes mellitus tipe 2 di Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh responden baik yang menderita dan tidak menderita diabetes mellitus tipe 2 yang tinggal di Kabupaten Kulon Progo yang mengikuti kegiatan Prolanis. Penelitian ini menggunakan desain Case Control. Sampel penelitian 114 responden yang terdiri dari 57 kasus dan 57 control, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen menggunakan wawancara, observasi, koesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Chi Square dan uji regresi logistic. Hasil analisis data terdapat pengaruh pola konsumsi makan (p=0,000 ; OR= 0,005), status gizi (p=0,007; OR=0,33) terhadap kejadian diabetes mellitus tipe 2, pada variabel faktor genetik (p=0,011; OR=2,5) tidak berpengaruh terhadap kejadian diabetes mellitus tipe 2. Hasil regresi logistik menunjukkan variabel paling berpengaruh terhadap kejadian dibetes mellitus tipe 2 yaitu pada pola konsumsi makan dengan p= 0,000; OR= 0,004. Sehingga perlu memperhatikan kembali pada gaya hidup seseorang dari segi pola makan, meningkatkan penyuluhan pada semua lapisan masyarakat baik yang sudah menderita diabetes mellitus ataupun tidak menderita diabete mellitus.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus, Pola makan, Status gizi, faktor genetik
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 04 Mar 2020 20:30
Last Modified: 04 Mar 2020 20:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35140

Actions (login required)

View Item View Item