ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS IV SD N 4 DEPOK KABUPATEN GROBOGAN


Apriliani Puspa Arum Sari , 0103517185 (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS IV SD N 4 DEPOK KABUPATEN GROBOGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_APRILIANI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Apriliani Puspa Arum Sari. 2019. “Analisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PPKn untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas IV SD N 4 Depok Kabupaten Grobogan”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Tri Suminar, M.Pd, Pembimbing II Dr. Sunarto, S.Sn., M.Hum. Kata Kunci: Implementasi, pendidikan karakter, pembelajaran PPKn SD. Praktek pendidikan dalam pembelajaran PPKn yang berlangsung di kelas pada saat ini pada umumnya hanyalah sebatas pendidikan yang berorientasi pada pencapaian tujuan kognitif dan psikomotor saja. Sedangkan afektif, hal yang berkaitan dengan proses pembentukan karakter atau sikap siswa cenderung diabaikan. Oleh karena itu perlu upaya yang lebih sistematis agar pembelajaran dapat melakukan peranannya sebagai mata pelajaran yang membentuk karakter peserta didik salah satunya dengan mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran PPKn. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PPKn dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi serta bagaimana upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran PPKn untuk mengembangkan karakter siswa kelas IV SD N 4 Depok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 4 Depok, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini meliputi 6 siswa kelas IV, 2 guru kelas, kepala sekolah, dan penjaga sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Proses analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah mampu dalam mengimplementasikan pendidikan karakter meski belum maksimal. Perencanaan pembelajaran disusun tanpa modifikasi khusus guna mengembangkan karakter siswa. Guru hanya memindahkan apa yang tertulis di Buku Guru tanpa mengadaptasinya sesuai dengan kondisi siswa maupun sekolah. Kurang pahamnya terhadap tata cara mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran menjadi kendala bagi guru. Keterbatasan waktu yang guru rasakan menjadi faktor lain penyebab minimalisnya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang guru susun sehingga berdampak pada belum maksimalnya pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah guru belum maksimal dalam mengimplementasikankan pendidikan karakter pada pembelajaran PPKn untuk mengembangkan karakter siswa kelas IV SD N 4 Depok. Upaya yang dapat dilakukan adalah memperdalam tata cara implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Kepala Sekolah dapat melakukan supervisi secara berkala terhadap guru guna memperbaiki situasi belajar mengajar baik siswa maupun guru. Selanjutnya dapat diadakan pula pengembangan profesi lanjutan bagi guru dengan cara pembinaan melalui supervisi, pelatihan, maupun pendidikan lanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pendidikan karakter, pembelajaran PPKn SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 04 Mar 2020 20:19
Last Modified: 04 Mar 2020 20:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35139

Actions (login required)

View Item View Item