PENGARUH REGULASI DIRI DAN HUBUNGAN ANAK DENGAN GURU TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI JENJANG SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN


Dwi Anisa Faqumala, 0108517013 (0020) PENGARUH REGULASI DIRI DAN HUBUNGAN ANAK DENGAN GURU TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI JENJANG SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_DWI_ANISA_FAQUMALA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (452kB) | Preview

Abstract

Faqumala, Anisa Dwi. (2019). Pengaruh Regulasi Diri Dan Hubungan Anak Dengan Guru Terhadap Kesiapan Memasuki Jenjang Sekolah Dasar Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Tri Suminar., M.Pd. Pembimbing II Yuli Kurniawati S.P, M.A.,D.Sc. Kata Kunci : Kesiapan anak memasuki jenjang sekolah dasar, regulasi diri, hubungan anak dengan guru, jenis kelamin Sebagai upaya mempersiapkan anak memasuki sekolah dasar tentunya dibutuhkan kesiapan. Kesiapan anak masuk sekolah dasar merupakan prediktor signifikan dari keberhasilan akademis. Melihat hal itu kesiapan menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis keterkaitan pengaruh antara regulasi diri terhadap kesiapan anak masuk sekolah dasar yang di mediasi oleh hubungan anak dengan guru dan dimoderasi jenis kelamin. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun Se-Kab. Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 240 anak yang terdiri dari 117 anak laki-laki dan 123 anak perempuan. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala instrumen kesiapan anak masuk sekolah dasar yang peneliti kembangkan dari Janus M. Instrumen hubungan anak dengan guru peneliti kembangkan dari Pianta. Kemudian untuk menggunakan regulasi anak usia dini menggunakan The Head, Tooes, Knef, Shoulder (HTKS) task dari Ponitz. Keseluruhan instrumen yang digunakan memiliki nilai kooefisen α cronbach ≥ 0,8 yang mengindikasikan bahwa instrumen sangat kuat keakuratannya (reliabel). Analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi. Efek moderator dan mediator menggunakan teknik bootstraped bias corrected dengan N= 5000 dengan confident interval (CI) 95%. Hasil dari analisis pengaruh efek moderated mediated pada regulasi diri terhadap kesiapan anak masuk sekolah memiliki hasil yang signifikan. Penelitian ini memberikan implikasi kepada orangtua dan guru untuk memberikan stimulasi yang tepat pada anak sebagai upaya untuk mempersiapkan anak masuk sekolah dasar.  

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan anak memasuki jenjang sekolah dasar, regulasi diri, hubungan anak dengan guru, jenis kelamin
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Mar 2020 20:45
Last Modified: 03 Mar 2020 20:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35137

Actions (login required)

View Item View Item