ANALISIS KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN, SELF EFFICACY, SIKAP SISWA TERHADAP SAINS DAN KETERKAITANNYA DENGAN LITERASI SAINS PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI


Farih Fadhila , 0402517030 (2019) ANALISIS KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN, SELF EFFICACY, SIKAP SISWA TERHADAP SAINS DAN KETERKAITANNYA DENGAN LITERASI SAINS PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FARIH_FADHILA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Fadhila, Farih. 2019. Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran, Self Efficacy, Sikap Siswa terhadap Sains dan Keterkaitannya dengan Literasi Sains pada Materi Ruang lingkup Biologi. Tesis. Program Studi Pendidikan IPA Konsentrasi Pendidikan Biologi. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Saiful Ridlo M.Si., Pembimbing II Prof. Dr. Ir. Dyah Rini Indriyanti M.P Kata Kunci: Self efficacy, literasi sains, sikap siswa terhadap sains, ruang lingkup biologi Literasi sains siswa dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Salah satu faktor eksternal adalah keterlaksanaan pembelajaran sedangkan faktor internal adalah self efficacy dan sikap siswa terhadap sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian kemampuan literasi sains pada materi ruang lingkup biologi, menganalisis keterkaitan keterlaksanaan pembelajaran, self efficacy, dan sikap siswa terhadap sains berdasarkan literasi sains secara linier dan simultan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan explanatory research design. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas X SMAN 1 Cepiring dan SMAN 1 Kaliwungu sebanyak 125 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, lembar kuesioner, lembar skala psikologi, dan tes literasi sains. Data dianalisis secara statistik deskriptif, uji one sample t-test, uji proporsi, uji korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi sains siswa sebesar 68% pada kategori sedang dan mencapai KKM serta ketuntasan klasikal ≥75%. Keterkaitan keterlaksanaan pembelajaran dengan literasi sains ditunjukkan dengan pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 10,7%. Keterkaitan self efficacy dengan literasi sains ditunjukkan dengan pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 11,7%. Keterkaitan sikap terhadap sains dengan literasi sains menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 9,5%. Keterkaitan keterlaksanaan pembelajaran, self efficacy, dan sikap terhadap sains menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan sebesar 18,7% pada kategori rendah. Hal ini bearti jika keterlaksanaan pembelajaran, self efficacy, dan sikap terhadap sains menunjukkan kategori tinggi maka kemampuan literasi sains siswa juga berada pada kategori tinggi. Simpulan penelitian ini adalah ada keterkaitan keterlaksanaan pembelajaran, self efficacy, dan sikap terhadap sains dengan literasi sains siswa secara linier dan simultan pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, literasi sains, sikap siswa terhadap sains, ruang lingkup biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Mar 2020 16:22
Last Modified: 03 Mar 2020 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35131

Actions (login required)

View Item View Item