Kemampuan Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Memahami Texte en français facile “Le Roman de Renard” dengan Tingkat 500 Kosa Kata.


Wiwin Ermayanti, 2314000023 (2006) Kemampuan Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Memahami Texte en français facile “Le Roman de Renard” dengan Tingkat 500 Kosa Kata. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Memahami Texte en français facile “Le Roman de Renard” dengan Tingkat 500 Kosa Kata.]
Preview
PDF (Kemampuan Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Memahami Texte en français facile “Le Roman de Renard” dengan Tingkat 500 Kosa Kata.) - Published Version
Download (84kB) | Preview

Abstract

Dalam silabus mata kuliah Lire 1 tahun 2002-2003 disebutkan bahwa setelah kurang lebih satu semester mendapatkan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membaca keras dan memahami teks berbahasa Prancis yang menggunakan kosa kata dan tata bahasa yang diajarkan pada mata kuliah Structure I, atau yang setara dengan buku-buku en français facile dengan tingkat 500 kosa kata. Texte en français facile “Le Roman de Renard” adalah salah satu wacana berbahasa Prancis dalam bentuk sederhana dan memiliki tingkat kosa kata yang sesuai dengan jumlah kosa kata yang seharusnya dikuasai oleh mahasiswa semester I, yaitu 500 kosa kata. Oleh sebab itu, buku tersebut dianggap tepat untuk mengukur kemampuan mahasiswa semester I dalam memahami wacana berbahasa Prancis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester I Program studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam memahami Texte en français facile “Le Roman de Renard” dengan tingkat 500 kosa kata dan menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam memahami Texte en français facile “Le Roman de Renard” dengan tingkat 500 kosa kata. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang Tahun Akademik 2005/2006 yang berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Untuk mengetahui reliabilitas tes digunakan teknik tes ulang dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan rumus Product-moment. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif persentase dan analisis kritis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata 66,41 dan berdasarkan kriteria (PAP) yang berlaku di UNNES, nilai 66,41 termasuk dalam kategori ‘lebih dari cukup’. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam memahami Texte en français facile “Le Roman de Renard” pada umumnya disebabkan oleh keterbatasan kosa kata dan struktur kalimat yang dikuasai mahasiswa, pemahaman yang kurang terhadap isi wacana secara keseluruhan dan kesulitan dalam menerjemahkan kata-kata atau kalimat yang terdapat dalam wacana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, pemahaman, Texte en français facile.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2011 01:08
Last Modified: 19 Aug 2011 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item