ANALISIS PEMBELAJARAN PPKn BERMUATAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA (PENELITIAN PADA KELAS V SD NEGERI 07 WOJA KABUPATEN DOMPU)


Julkifli, 0103517026 (2019) ANALISIS PEMBELAJARAN PPKn BERMUATAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA (PENELITIAN PADA KELAS V SD NEGERI 07 WOJA KABUPATEN DOMPU). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_JULKIFLI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (20MB) | Preview

Abstract

Julkifli, 2019. Analisis Pembelajaran PPKn Bermuatan Pengembangan Karakter Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar (PGSD). Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Endang Susilaningsih, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran PPKn Bermuatan Pengembangan Karakter. Sekolah Dasar Negeri 07 Woja menarik diteliti karena salah satu sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013 secara menyeluruh dan efektif sehingga karakter siswa cukup baik tetapi guru masih memiliki keterbatasan dalam mendeskripsikan, mengaktualisasikan dan membumikan pelaksanaan pendidikan karakter secara terintegrasi dan banyaknya perangkat pembelajaran menjadi kendala dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis pengembangan karakter pada pembelajaran PPKn. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan desain fenomenalogi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. analisis data menggunakan miles dan huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verikasi. Hasil penelitian menunjukan pertama desain perencanaan pembelajaran berupa rancangan RPP sesuai komponen kurikulum 2013, penyediaan media pembelajaran berupa media visual, bahan ajar sesuai dengan indikator pembelajaran dan penilaian pembelajaran memuat penilaian sikap, pengetahuan dan psikomotor sesuai kurikulum 2013 bermuatan karakter. kedua strategi pembelajaran PPKn melalui kegiatan pembiasaan, komunikasi dan keteladanan dapat memgembangakan karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas siswa setiap proses kegiatan belajar mengajar. 3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PPKn yang bermuatan karakter antara lain; faktor pendukung karena adanya sarana prasarana yang lengkap, kerja sama komponen guru, adanya kemandirian siswa setiap kegiatan belajar mengajar. Faktor penghambat karena banyaknya perangkat pembelajaran yang disediakan dalam pembelajaran dan banyak siswa dalam kelas serta kurangnya sarana prasarana dapat menghambat proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Simpulan dan saran. pembelajaran PPKn bermuatan pengembangan karakter siswa karena adanya rancangan RPP, media pembelajaran, bahan ajar dan penilaian sesuai dengan kurikulum 2013 bermuatan karakter. Strategi pembelajaran melalui kegiatan komunikasi, pembiasaan dan keteladanan dapat mengembangkan karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas siswa. Faktor pendukung karena adanya sarana dan prasarana yang memadai, kerja sama komponen guru dan siswa. penghambat, banyaknya perangkat pembelajaran dan banyak kuota siswa di kelas dapat menghambat proses kegiatan belajar mengajar. Saran. Kerja sama dan dukungan semua komponen Siswa, Guru, Kepala Sekolah dan Pemerintah dalam mengikuti dan menyediakan kebutuhan sekolah dapat mendorong dan mengembangkan pembelajaran PPKn bermuatan karakter setiap proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PPKn Bermuatan Pengembangan Karakter.
Subjects: L Education > teacher competence
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Mar 2020 15:45
Last Modified: 03 Mar 2020 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35129

Actions (login required)

View Item View Item