PENGARUH KEBERADAAN TUTOR DALAM VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP COGNITIVE LOAD DAN ACADEMIC ACHIEVEMENT: IMPLIKASI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING


Weni Anggraini , 0106517005 (2020) PENGARUH KEBERADAAN TUTOR DALAM VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP COGNITIVE LOAD DAN ACADEMIC ACHIEVEMENT: IMPLIKASI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_WENI_ANGGRAINI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Anggraini, Weni, 2019. “Pengaruh Keberadaan Tutor dalam Video Pembelajaran terhadap Cognitive Load dan Academic Achievement: Implikasi Dalam Bimbingan Dan Konseling”. Tesis Program Studi Bimbingan Konseling. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I, Sunawan, Ph. D. Pembimbing II, Dr. Ali Murtadho, M.Pd. Kata Kunci: video pembelajaran, cognitive load, academic achievement, bimbingan dan konseling Media pembelajaran telah sangat bervariasi. Video pembelajaran telah berkembang dan memiliki banyak jenis yang dapat digunakan siswa pada proses pembelajaran. Namun, penelitian mengenai video pembelajaran masih kurang terutama mengenai jenis video pembelajaran yang paling efektif pada proses pembelajaran. Video pembelajaran yang efektif adalah yang memiliki extraneous load yang rendah, yang mampu mengoptimalkan kinerja germane load dan mampu meningkatkan academic achievement siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keberadaan tutor dalam video pembelajaran terhadap cognitive load dan academic achievement: implikasi dalam bimbingan dan konseling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test only control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Ungaran. Pengukuran data dilakukan dengan cognitive load questionnaire, pengukuran eye-tracking, dan soal biologi materi reproduksi (pengkuruan prior knowledge dan posttest). Hasil uji multivariate analysis of covariance menunjukkan bahwa keberadaan tutor dalam video pembelajaran tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap extraneous load pada pengukuran subjektif (F(4,44)=2,43, p>0,05), maupun objektif (F(2,26)=1,51, p>0,05) dan (F(2,26)=1,09, p>0,05), keberadaan tutor dalam video pembelajaran tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap germane load dalam pengukuran subjektif (F(4,44)=0,50, p>0,05) namun terdapat pengaruh keberadaan tutor dalam video pembelajaran terhadap germane load pada pengukuran objektif (F(3,35)=4,23, p<0,05) dan (F(3,35)=3,32, p<0,05). Selanjutnya, menunjukkan bahwa keberadaan tutor dalam video pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap academic achievement (F(4,44)=2,85, p<0,05). Temuan penelitian menunjukkan bahwa video yang paling efektif adalah jenis video ke 3 yaitu video dengan tutor dalam bentuk kartun. Studi ini menegaskan bahwa keberadaan tutor dalam video pembelajaran memengaruhi germane load dan academic achievement.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, cognitive load, academic achievement, bimbingan dan konseling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Mar 2020 14:49
Last Modified: 03 Mar 2020 14:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35128

Actions (login required)

View Item View Item