SATUAN LINGUAL TUTURAN RITUAL ADAT PAHILI MBUALA DI KECAMATAN RINDI KABUPATEN SUMBA TIMUR: KAJIAN ETNOLINGUISTIK


Dian Sari Arindah Pekuwali, 0202517032 (2019) SATUAN LINGUAL TUTURAN RITUAL ADAT PAHILI MBUALA DI KECAMATAN RINDI KABUPATEN SUMBA TIMUR: KAJIAN ETNOLINGUISTIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_DIAN_SARI_ARINDAH_PEKUWALI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pekuwali, Dian Sari Arindah. 2019. “Satuan Lingual Tuturan Ritual Adat Pahili Mbuala di Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur: Kajian Etnolinguistik”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum. Pembimbing II Dr. Imam Baehaqie, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci: bentuk satuan lingual, makna kultural, fungsi satuan lingual, tuturan ritual adat pahili mbuala Pola pikir dan perilaku budaya dalam suatu masyarakat dapat diungkapkan dengan penggunaan bahasa yang dituturkan. Masyarakat etnik Sumba khususnya yang berada di Desa Rindi saat mengadakan suatu ritual adat selalu menggunakan bahasa yang khas dan unik. Salah satu ritual adat yang dilakukan oleh masyarakat etnik Sumba yaitu ritual pahili mbuala. Ritual pahili mbuala tersebut dituturkan dengan menggunakan bahasa yang khas dan unik. Kekhasan dan keunikan bahasa yang diungkapkan oleh masyarakat setempat sarat akan makna yang telah terpatri sejak dulu dalam kebudayaan masyarakat etnik Sumba. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan arus modernisasi yang begitu pesat dan melekat pada diri masyarakat Sumba, maka ungkapan-ungkapan kebahasaan yang dituturkan tersebut perlahan-lahan mulai hilang bahkan terancam punah. Masalah yang dikaji berkaitan dengan satuan lingual tuturan ritual adat pahili mbuala adalah bagaimana bentuk satuan lingual dan makna kultural tuturan ritual adat pahili mbuala di Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur, dan bagaimana fungsi tuturan ritual adat pahili mbuala di Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk satuan lingual dan makna kultural tuturan ritual adat pahili mbuala di Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur, dan menganalisis fungsi satuan lingual tuturan ritual adat pahili mbuala di Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur. Adapun teori yang digunakan sebagai pijakan atau acuan dalam penelitian ini adalah teori etnolinguistik, bahasa dan budaya penutur, kebudayaan etnik Sumba, tahapantahapan ritual adat pahili mbuala, bentuk satuan lingual, makna kultural, dan fungsi satuan lingual. Data penelitian ini yaitu berupa penggalan tuturan ritual adat pahili mbuala. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan etnolinguistik sebagai pendekatan teoretis dan pendekatan kualitatif deskriptif sebagai pendekatan metodologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak metode cakap. Keabsahan data diperoleh melalui teknik ketekunan pengamatan dan teknik trianggulasi, sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: lingual unit form, cultural meaning, lingual unit function, the utterance of ritual tradition of pahili mbuala
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Mar 2020 13:14
Last Modified: 03 Mar 2020 13:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35125

Actions (login required)

View Item View Item