MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AN-NAWAWIYYAH REMBANG


Mukhsinatul Arifah, 0102514010 (2019) MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AN-NAWAWIYYAH REMBANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_MUKHSINATUL_ARIFAH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Arifah, Mukhsinatul. 2019. “Manajemen Boarding School Dalam Pengembangan Karakter Siswa SMP Islam An-Nawawiyyah Rembang.” Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana. Unversitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Murwatiningsih, M.M, Pembimbing II Dr. Muhammad Harlanu, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen, boarding school, pendidikan karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah dekadensi moral yang merupakan persoalan strategis, untuk itu perlu ditangani berdasarkan data yang tepat dan akurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengawasan manajemen boarding school dalam pengembangan karakter siswa SMP Islam An-Nawawiyyah Rembang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari informan (wakil kepala sekolah, guru, pengasuh/ustadz, dan peserta didik), observasi dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengujian data dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian dan verifikasi. Penelitian menunjukkan bahwa layanan pendidikan karakter siswa SMP Islam An-Nawawiyyah Rembang yang terintegrasi dalam kegiatan siswa di kelas dan di luar kelas. Semua kebijakan direncanakan oleh sekolah dan pondok. Perencanaan pendidikan karakter secara terpadu antara kurikulum sekolah dan program pondok dengan menetapkan tim pelaksana pembentukan karakter yaitu ustadz pondok. Penentuan jadwal dan penentuan program pembentukan karakter pengorganisasian diwujudkan dalam bentuk kerjasama semua warga sekolah dan SMP pondok. Pelaksanaan terintegrasi dalam setiap kegiatan siswa. Pengawasan ditujukan pada penerapan aturan disiplin siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembentukan karakter siswa SMP Islam An-Nawawiyyah Rembang tidak terlepas dari adanya peranan boarding school. Boarding school SMP Islam An-Nawawiyyah Rembang dapat membentuk perilaku sopan santun, disiplin, jujur, tanggung jawab, kemandirian, cinta tanah air dan peduli lingkungan. Saran yang disampaikan pada penelitian bagi sekolah seluruh stakeholder agar membangkitkan semangat dalam komitmen bersama untuk melakukan konsulidasi, koordinasi, dan pemberdayaan semua unsur SDM sekolah dan pondok guna membangun kerjasama untuk kemajuan sekolah dan mutu layanan pendidikan karakter. Bagi lembaga pendidikan lainnya agar pembentukan karakter lebih efektif dan efisien perlu menerapkan sistem boarding school.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, boarding school, pendidikan karakter
Subjects: L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 02 Mar 2020 19:19
Last Modified: 02 Mar 2020 19:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35123

Actions (login required)

View Item View Item