PERUBAHAN BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN KESENIAN SINTREN DI DESA KARANGMONCOL KABUPATEN PEMALANG


Intan Permata Sakti , 2501413008 (2019) PERUBAHAN BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN KESENIAN SINTREN DI DESA KARANGMONCOL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERUBAHAN BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN KESENIAN SINTREN DI DESA KARANGMONCOL KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PERUBAHAN BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN KESENIAN SINTREN DI DESA KARANGMONCOL KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (623kB) | Preview

Abstract

Salah satu kelompok seni Sintren di Kabupaten Pemalang yang dapat bertahan hidup di tengah perkembangan jaman maju dewasa ini adalah Sintren Bosnia. Walaupun di tengah jaman berteknologi maju, seni tersebut masih tetap hidup dengan ciri khasnya, menghadirkan penari wanita remaja, dan penari tersebut mengalami kerasukan, menggunakan iringan musik khas yaitu kolaborasi antara musik dangdut dan campursari yang membawakan lagu-lagu populer untuk mendukung gerakan Sintren yang bebas dan bervariasi. Rumusan masalahnya bagaimana perubahan bentuk dan fungsi pertunjukan Sintren Bosnia. Tujuan penelitiannya yaitu mengetahui dan mendeskripsikan perubahan bentuk dan fungsi pertunjukan kesenian Sintren Bosnia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data meliputi 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan bentuk pertunjukan terjadi semenjak kesenian Sintren tersebut berganti nama menjadi Sintren Bosnia. Perubahan bentuk yaitu dari aspek iringan sebelum berganti nama Sintren Bosnia menggunakan perangkat musik bambu sebagai pendukungnya yang membawakan lagu tradisional, Sintren Bosnia musik pendukungnya menggunakan sebagian gamelan Jawa dikolaborasikan dengan musik dangdut dan campursari yang membawakan lagu-lagu populer, perubahan aspek geraknya pada sintren Bosnia menggunakan pola gerak yang bebas dan bervariasi, dari aspek-aspek pertunjukan lainnya seperti jumlah pemain serta tata rias busananya dan tata suara dikemas sedemikian untuk memenuhi kebutuhan tontonan. Sedangkan perubahan fungsi yaitu pertunjukan Sintren Bosnia lebih bertujuan untuk hiburan pribadi dan tontonan masyarakat. Saran dari peneliti terkait dengan perubahan bentuk dalam Sintren Bosnia wajar dilakukan dalam rangka menyesuaikan keadaan zaman, hal itu agar seni Sintren tetap dapat hidup di tengah-tengah dinamika perkembangan zaman. Oleh karena itu para pelaku Sintren Bosnia diharapkan terus berkreasi agar pertunjukannya tetap diminati masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perubahan, Bentuk Pertunjukan, Fungsi Pertunjukan, Sintren Bosnia
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Mar 2020 12:13
Last Modified: 02 Mar 2020 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35115

Actions (login required)

View Item View Item