PERAN TOKOH NAYANTAKA DALAM PERTUNJUKAN TARI KEBO IJO DI KABUPATEN PEMALANG


Danu Mahendra , 2501412156 (2019) PERAN TOKOH NAYANTAKA DALAM PERTUNJUKAN TARI KEBO IJO DI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERAN TOKOH NAYANTAKA DALAM PERTUNJUKAN TARI KEBO IJO DI KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PERAN TOKOH NAYANTAKA DALAM PERTUNJUKAN TARI KEBO IJO DI KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (985kB) | Preview

Abstract

Peran Nayantaka pada pertunjukan tari kebo Ijo merupakan salah satu tokoh penting yang ada pada Tari Kebo Ijo, karena tokoh Nayantaka merupakan tokoh yang istimewa, sebab tokoh Nayantaka tidak selalu muncul pada pertunjukan tari Kebo Ijo. Tokoh Nayantaka muncul pada acara-acara tertentu, tetapi sekali munculnya tokoh Nayantaka pada pertunjukan tari Kebo Ijo sangat berperan penting karena tokoh Nayantaka mampu mengalahkan tokoh Kebondanu. Pada tari Kebo Ijo terdapat tiga tokoh dalam pertunjukan tari Kebo Ijo yaitu tokoh Nayantaka, tokoh Kebondanu dan tokoh Kebo Ijo. Tari Kebo Ijo adalah tarian yang menceritakan tentang cerita legenda asal mula dukuh Kebo Ijo, tarian yang memiliki bentuk pertunjukan tari dan alur cerita yang menarik, jumlah penari yang banyak dan gerakan tari yang menyerupai hewan kerbau. Tujuan penelitian ini mengetahui dan mendeskripsikan peran nayantaka pada pertunjukan Tari Kebo Ijo di Kabupaten Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian terletak di jalan Dr. Cipto Mangunkusumo Kelurahan Bojongbata, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, tepatnya di Sanggar Seni Kaloka. Subyek penelitian ini diantaranya pencipta Tari Kebo Ijo Bapak Bayu Kusuma Listyanto dan para penari Tari Kebo Ijo di Kabupaten Pemalang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Nayantaka meliputi tiga hal yaitu peran meliputi norma-norma, peran yang dilakukan Nayantaka dan peran perilaku Nayantaka. Bentuk pertunjukan Tari Kebo Ijo terbagi menjadi dua yaitu struktur pertunjukan dan unsur pendukung pertunjukan. Struktur pertunjukan terbagi menjadi tiga yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian penutup, sedangkan unsur pendukung pertunjukan meliputi pelaku Tari Kebo Ijo berusia 17-35 tahun, gerak Tari Kebo Ijo terdapat 7 gerakan, musik Kebo Ijo terdiri dari musik internal dan eksternal, tata rias wajah Tari Kebo Ijo menggunakan tata rias fantasi hewan kerbau, Nayantaka tata rias putra alus dan Kebondanu putra gagah, dan tata rias busana Tari Kebo Ijo yang identik dengan warna hijau, merah dan emas. Saran bagi pelaku Tari Kebo Ijo diharapkan terus berlatih mengenai teknik gerak dasar Tari Kebo ijo untuk meningkatkan kualitas gerak saat menari. Penari tari Kebo Ijo diharapkan dapat menguasai Tari Kebo Ijo. Sanggar Seni Kaloka diharapkan dapat terus mempertahankan eksistensi Tari Kebo Ijo agar tetap berkembang. Bagi Pemerintah Kabupaten Pemalang penari Kebo Ijo hendaknya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nayantaka, Pertunjukan Dan Tari Kebo Ijo
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Mar 2020 12:06
Last Modified: 02 Mar 2020 12:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35113

Actions (login required)

View Item View Item