TEKNIK GERAK TARI ZIPIN DALAM MOTIF PENCAK SILAT DI DESA CABEAN KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK


Silfia Faila Maisofa , 2501412151 (2019) TEKNIK GERAK TARI ZIPIN DALAM MOTIF PENCAK SILAT DI DESA CABEAN KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of TEKNIK GERAK TARI ZIPIN DALAM MOTIF PENCAK SILAT DI DESA CABEAN KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (TEKNIK GERAK TARI ZIPIN DALAM MOTIF PENCAK SILAT DI DESA CABEAN KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (920kB) | Preview

Abstract

Demak memiliki beragam tarian tardisional yang tidak hanya indah dalam gerakan umum juga mengandung makna yang mendalam. Contohnya saja Tari zipin karya Amin Noto yang serat akan makna dan tujuan yang sangat mulia karena tarian ini diciptakan beliau untuk mengingatkan seluruh umat manusia khususnya kaum remaja agar tetap menjaga amal baik dan selalu taat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian yang berjudul Teknik Gerak Pencak Silat Dalam Tari Zipin karya Amin Noto grup Umbullia Kabupaten Demak, adalah Mengetahui dan mendiskripsikan bentuk penyajian gerak pencak silat dalam Tari Zipin di Desa Cabean Kecamatan Demak Kabupaten Demak, mengetahui dan mendiskripsikan teknik gerak pencak silat dalam Tari Zipin di Desa Cabean Kecamatan Demak Kabupaten Demak, serta mendeskripsikan pesona keindahan dari teknik gerak pencak silat dalam Tari Zipin di Desa Cabean Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif yang berusaha untuk mengetahui, memaparkan, dan melaporkan suatu keadaan objek yang diteliti mengunakan kaya-kata berupa penulisan secara deskriptif. Hasil penelitiannya mengacu pada masalah meliputi tahapan yang dilakukan, diantaranya proses teknik gerak (proses teknik genak pencak silat didalam Tari Zipin), proses penggarapan Tari Zipin yang meliputi eksplorasi gerak, improvisasi gerak, dan komposisi gerak tari pada Tari Zipin, dan bentuk pesona keindahan (tema, gerak, iringan, tata rias dan tata busana, tata cahaya, tata pentas dan suara). Tari zapin ialah satu bentuk seni pertunjukan yang berasal dari Arab yang dibawa oleh pedagang sebagai media dakwah pada waktu penyebaran agama Islam ke Indonesia sekitar abad XII dan XIII. Berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan, tari Zipin mendapat variasi yang berbeda-beda sesuai daerahnya. Untuk tarian Zippin yang berkembang di daerah kabupaten Demak atau sering disebut dengan tari Zippin Pesisiran memiliki (5) sampai sepuluh (10) ragam saja. Instrumen musik yang lazim dipakai sebagai pengiring tari zapin terdiri dari: gambus, biola, akordion, gendang marwas, dan vokal (nyanyian). Awal tarian (alif sembah) dan akhir tari (tahto penutup) biasanya ditentukan oleh pemain gambus yang kadangkala juga berperan sebagai penyanyi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknik gerak pencak silat, tari zipin
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Mar 2020 12:02
Last Modified: 02 Mar 2020 12:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35112

Actions (login required)

View Item View Item