PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SENI TARI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TERHADAP MATA KULIAH TARI MANCANEGARA


Liza Tri Widyastuti , 2501412150 (2019) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SENI TARI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TERHADAP MATA KULIAH TARI MANCANEGARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SENI TARI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TERHADAP MATA KULIAH TARI MANCANEGARA]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SENI TARI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TERHADAP MATA KULIAH TARI MANCANEGARA) - Published Version
Download (474kB) | Preview

Abstract

Pengaruh merupakan dorongan atau bujukan dari subyek atau obyek yang membentuk atau dapat merubah sesuatu. Persepsi adalah tanggapan (penerimaan) seseorang mengetahui beberapa hal melalui proses pemahaman, penafsiran, penilaian, dan pandangan seseorang tentang suatu objek dalam lingkungan melalui jangkauan panca indera juga pengalaman dan aktivitas. Masalah yang dibahas dalam penelitian adalah bagaimana persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Semarang terhadap mata kuliah Tari Mancanegara dan berapa besar pengaruh persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Semarang terhadap mata kuliah Tari Mancanegara. Tujuan pokok penelitian adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Semarang terhadap mata kuliah Tari Mancanegara, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi mahasiswa Seni Tari UNNES terhadap mata kuliah Tari Mancanegara. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantatif dengan menggunakan teknik kontribusi. Subyek yang menjadi populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Semarang dan sampel adalah semua Prodi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Semarang angkatan 2015 yang telah menempuh mata kuliah Tari Mancanegara di semester 5 yang berjumlah 75 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, serta pengujian hipotesisnya menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara persepsi mahasiswa dengan mata kuliah Tari Mancanegara pada mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Semarang angkatan 2015. Hasil perhitungan dari instrumen persepsi mahasiswa terdapat 29 mahasiswa yang termasuk dalam kategori sangat tinggi, persentase skor yaitu 29/75x100% = 38,67% dengan hasil persentase tersebut maka dapat dikatakan sebagian besar mahasiswa memiliki pengaruh terhadap mata kuliah Tari Mancanegara. Hasil perhitungan instrumen mata kuliah Tari Mancanegara terdapat 18 mahasiswa yang termasuk dalam kategori sangat tinggi, sehingga persentase skor yaitu 18/75x100% = 24% dengan persentase tersebut maka dikatakan sebagian besar mahasiswa memahami materi Tari Mancanegara yang diberikan. Pengaruh persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah Tari Mancanegara pada mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Tari UniversitasNegeriSemarangdiketahui koefisien korelasi 0,556 dan koefisien determinasi sebesar 7,1% yang bernilai positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tari Mancanegara
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Mar 2020 11:59
Last Modified: 02 Mar 2020 11:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35111

Actions (login required)

View Item View Item