KEEFEKTIFAN STRATEGI BERFIKIR KWL (KNOW – WANT - LEARN) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA
UMI FARIDA, 0402517036 (2020) KEEFEKTIFAN STRATEGI BERFIKIR KWL (KNOW – WANT - LEARN) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di sekolah. Pemilihan strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keberhasilan dalam pembelajaran. Diperlukan strategi kreatif dan inovatif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep belajar siswa yaitu dengan menggunakan strategi berfikir KWL (Know – Want – Learn) berbantuan video. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar dan keefektifan pemahaman konsep belajar siswa kelas VII di salah satu SMPN kota Nganjuk setelah mendapat pembelajaran menggunakan strategi berfikir KWL berbantuan video. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design dengan jumlah 64 siswa terdiri dari kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Hasil analisis aktivitas belajar siswa kelas eksperimen menunjukkan 28 siswa (87,50%) dalam kategori baik dan 4 siswa (12,50%) dalam kategori cukup, sedangkan kelas kontrol menunjukkan 11 siswa (34,37%) dalam kategori baik dan 21 siswa (65,63%) dalam kategori cukup. Analisis ketuntasan klasikal kelas eksperimen dan kelas kontrol memenuhi kriteria efektif karena melampaui ≥ 75%. Ketuntasan klasikal nilai belajar kognitif kelas eksperimen siswa yang tuntas mencapai 28 siswa (87,50%) sedangkan kelas kontrol siswa yang tuntas 26 siswa (81,25%). Peningkatan hasil belajar dihitung dengan signifikansi uji-t. Hasil signifikansi uji-t kelas kontrol didapat nilai t-hitung 8,64 > t-tabel 2,03 dan kelas eksperimen didapat nilai t-hitung 11,12 > t-tabel 2,03. Ketuntasan dan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan strategi berfikir KWL berbantuan video efektif meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep belajar siswa kelas VII di salah satu SMPN kota Nganjuk. Kata Kunci : Aktivitas, Konsep Belajar, Strategi berfikir KWL, Video
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Konsep Belajar, Strategi berfikir KWL, Video |
Subjects: | L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 15:31 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 15:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35107 |
Actions (login required)
View Item |