KOMUNIKASI MATEMATIKA DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN MODUL DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING


KARTIKA SARI ASIH, 0401517063 (2020) KOMUNIKASI MATEMATIKA DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN MODUL DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_KARTIKA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Asih, Kartika Sari. 2020. “Komunikasi Matematika Ditinjau dari Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Mandiri Berbantuan Modul dan Discovery Learning Berbantuan E-Learning”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Isnarto, M.Si., Pembimbing II Prof. YL. Sukestiyarno, M.S, Ph.D. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, Resiliensi Matematis, Pembelajaran Mandiri, Discovery Learning, E-Learning. Kemampuan komunikasi matematika siswa SMA dewasa ini masih rendah. Penyebabnya antara lain rendahnya resiliensi matematis dan kemandirian siswa. Penelitian ini menerapkan pembelajaran mandiri berbantuan modul yang akan dikerjakan siswa secara mandiri dengan pendampingan minimum oleh guru dan discovery learning berbantuan e-learning schoology yang digunakan di luar jam pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis keefektifan pembelajaran, (2) membandingkan kemampuan komunikasi matematika antara dua kelas tersebut, (3) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika yang ditinjau dari resiliensi matematis. Jenis penelitian ini adalah mixed method. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Cirebon. Sampel diambil dengan memilih tiga kelas secara acak untuk dijadikan kelas eksperimen I, kelas eksperimen II, dan kelas kontrol. Subjek penelitian dipilih masing-masing 2 siswa pada kategori resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Hasil yang diperoleh sebagai berikut, (1) kedua pembelajaran tersebut efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika; (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran mandiri berbantuan modul dan discovery learning berbantuan e-learning schoology dengan rata-rata nilai 78,21 dan 80,68; (3) siswa kategori resiliensi matematis tinggi memenuhi semua aspek komunikasi matematika, siswa dari kategori resiliensi matematis sedang kurang maksimal dalam aspek menuliskan jawaban yang lengkap dan jelas dari suatu permasalahan, siswa dari kategori resiliensi matematis rendah kesulitan dalam aspek menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika dan menuliskan jawaban yang lengkap dan jelas dari suatu permasalahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematika, Resiliensi Matematis, Pembelajaran Mandiri, Discovery Learning, E-Learning.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 28 Feb 2020 13:42
Last Modified: 28 Feb 2020 18:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35104

Actions (login required)

View Item View Item