EKSPRESI IMAJINATIF KARYA LUKIS ANAKAUTIS SEBAGAI RESPONS TERHADAP LINGKUNGAN DI SEKOLAH LANJUTAN AUTIS (SLA) FREDOFIOS YOGYAKARTA


ITA YULAIDA, 0204517017 (2020) EKSPRESI IMAJINATIF KARYA LUKIS ANAKAUTIS SEBAGAI RESPONS TERHADAP LINGKUNGAN DI SEKOLAH LANJUTAN AUTIS (SLA) FREDOFIOS YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ITA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yulaida, Ita. 2019. “ Ekspresi Imajinatif Karya Lukis Anak Autis Sebagai Respons Terhadap Lingkungan Di Sekolah Lanjutan Autis (SLA) Fredofios Yogyakarta”. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni S2. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Triyanto, M.A., Pembimbing II Dr. Eko Sugiarto, S.Pd, M.Pd. i-xvii, 169 hal. Kata Kunci: Anak autis, Imajinatif, Wujud, Lingkungan dan Karakteristik seni lukis Anak autis adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan fungsi otak yang ditandai dengan adanya kesulitan pada kemampuan interaksi sosial, komunikasi dengan lingkungan, perilaku dan adanya keterlambatan pada bidang akademis. Ekspresi imajinatif pada anak autis dapat dilakukan melalui media seni lukis. Media seni lukis dapat membantu sebagai terapi dan untuk mengembangkan kemampuan lukis anak-anak autis. Tujuan penelitian ini menjelaskan wujud karya lukis anak autis, unsur lingkungan dan karakteristik ekspresi imajinatif karya lukis anak autis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teori imajinasi, unsur rupa, prinsip rupa, anak autis. Proses analisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. Pertama, wujud dari ekspresi imajinatif anak autis Fredofios Yogyakarta menghasilkan karya yang bervariasi mulai dari kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah, lingkungan rumah, lingkungan masyarakat. Kedua, unsur lingkungan yang tervisualkan pada karya lukis sebagai hasil imajinasi artistik anak autis dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri anak maupun lingkungan, lingkungan keluarga yang digambarkan berkumpul bersama menonton tv, kepasar malam dengan saudara. Lingkungan sekolah yang digambarkan dengan bangunan sekolah, halaman sekolah. Ketiga, karakteristik imajinasi anak autis di Sekolah Lanjutan Autis (SLA) Fredofios Yogyakarta terdapat karakteristik imajinasi kompleks atau rumit dan imajinasi yang sederhana. Saran bagi sekolah, khususnya guru seni lukis penambahan untuk mengajak anak autis mengeksplore imajinasinya tentang wawasan alam, yang tidak selalu mengharuskan membuat subyek-subyek manusia dalam karya lukisnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Anak autis, Imajinatif, Wujud, Lingkungan dan Karakteristik seni lukis
Subjects: L Education > Special Education > Art education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 28 Feb 2020 13:31
Last Modified: 28 Feb 2020 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35103

Actions (login required)

View Item View Item