LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN PjBL BERPENDEKATAN RME BERBANTUAN EDMODO


FAIZ AL AHADI, 0401517008 (2020) LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN PjBL BERPENDEKATAN RME BERBANTUAN EDMODO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FAIZ.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahadi, Faiz Al. 2019. Literasi Matematika Ditinjau dari Metakognisi Siswa Pada Pembelajaran PjBL Berpendekatan RME Berbantuan Edmodo. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Mohammmad Asikin, M. Pd., Pembiming II Dr. Wardono, M. Si. Kata Kunci: Literasi Matematika, Metakognisi Siswa, PjBL, Pendekatan RME,dan Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model PjBL berpendekatan RME berbantuan edmodo efektif meningkatkan kemampuan literasi matematika dan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika pada pembelajaran PjBL berpendekatan RME berbantuan edmodo ditinjau dari metakognisi siswa. Jenis penelitian ini adalah concurrent mixed methods. Desain penelitian non-equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian dilakukan di kelas VII SMP N 36 Semarang. Sampel penelitian dikelas VII F dan VII G. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan literasi matematika ditinjau dari metakognisi siswa berbeda-beda, yakni siswa dengan kemampuan literasi matematika kategori tinggi memiliki pengetahuan yang baik dalam mencari informasi penting serta cermat dalam menerapkan strategi yang tepat. Pengelolaan informasi baik serta hasil pekerjaannya sistematis dan benar. Selanjutnya siswa menyadari kesalahan dalam proses pekerjaannya. Siswa dengan kemampuan literasi matematika kategori sedang memiliki pengetahuan yang cukup baik dalam memahami pertanyaan permasalahan. Berikutnya siswa menghitung luas trapesium, rumus pythagoras dan membuat kesimpulan dengan cukup baik. Walaupun perlu adanya ketelitian dalam memonitor hasil pekerjaannya. Siswa dengan kemampuan literasi matematika kategori rendah mengalami kesulitan dalam menerapkan strategi yang efektif serta tidak cermat dalam memonitor hasil pekerjaannya. Selanjutnya tidak terdapat perbaikan pada hasil pekerjaannya yang salah dan tidak melakukan penilaian terhadap hasil pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Metakognisi Siswa, PjBL, Pendekatan RME,dan Edmodo
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Feb 2020 20:01
Last Modified: 09 Mar 2020 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35101

Actions (login required)

View Item View Item