PEMANFAATAN SITUS PENINGGALAN ZAMAN HINDU BUDDHA DI WILAYAH BOJA SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN LITERASI SEJARAH PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH


RETNO SUMINAR, 0301514012 (2020) PEMANFAATAN SITUS PENINGGALAN ZAMAN HINDU BUDDHA DI WILAYAH BOJA SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN LITERASI SEJARAH PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FIX.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suminar, Retno. 2019. Pemanfaatan Situs Peninggalan Zaman Hindu Budha Di Wilayah Boja Sebagai Upaya Mengembangkan Literasi Sejarah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Jurusan Pendidikan IPS. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Pemanfaatan Situs Peninggalan, Pembelajaran Sejarah, Literasi Sejarah. Pembelajaran sejarah yang selama ini terjadi di sekolah dirasakan kering dan membosankan. Efek dari abainya peserta didik terhadap pelajaran sejarah adalah keengganan peserta didik untuk membaca. Sejarah sebagai sebuah ilmu maupun perantara transfer nilai dari generasi ke generasi erat kaitannya dengan budaya literasi. Literasi sejarah merupakan suatu kemampuan yang penting dimiliki peserta didik di dalam pembelajaran Sejarah. Sebagai salah satu sekolah yang menjalankan Gerakan Literasi Sekolah, SMA Negeri 1 Boja memiliki permasalahan minimnya kemampuan literasi peserta didik utamanya dalam pembelajaran Sejarah. Salah satu upaya untuk membuat literasi dalam pembelajaran sejarah lebih menarik adalah dengan memasukkan unsur sejarah lokal dalam proses pembelajaran sejarah di kelas. Pemanfaatan situs-situs peninggalan Hindu-Buddha di wilayah Boja dapat menjadi unsur sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Boja. Dalam penelitian ini, guru menggunakan model pembelajaran kooperatif yang dapat memacu kemampuan literasi sejarah peserta didik dengan situs peninggalan sebagai sumber sejarahnya. Melalui pemanfaatan situs-situs peninggalan di wilayah Boja yang dikolaborasikan dengan langkah-langkah pembelajaran kooperatif diharapkan peserta didik dapat mengembangkan kemampuan literasi sejarahnya. Penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif mendapatkan hasil sebagai berikut : (1) Perencanaan pembelajaran Sejarah dalam mengembangkan literasi sejarah peserta didik dengan memanfaatkan situs peninggalan Hindu-Buddha wilayah Boja di SMA Negeri 1 Boja tergambar dalam RPP yang dibuat guru, (2) Keunggulan pembelajaran dalam mengembangkan literasi sejarah melalui pemanfaatan situs-situs peninggalan di wilayah Boja yakni pemahaman peserta didik dibangun berdasarkan bukti sejarah yang akurat dan pembelajaran sejarah menjadi lebih bermakna karena berpindah dari paradigma hapalan fakta sejarah menuju peningkatan literasi sejarah, (2) Beberapa kendala dalam pembelajaran sejarah adalah alokasi waktu yang kurang dan kemampuan guru yang harus terus menerus diperbaharui. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan situs-situs peninggalan Hindu-Buddha di wilayah Boja dalam pembelajaran sejarah dapat memacu peserta didik SMA Negeri 1 Boja untuk mengembangkan literasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Situs Peninggalan, Pembelajaran Sejarah, Literasi Sejarah.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Feb 2020 14:18
Last Modified: 27 Feb 2020 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35098

Actions (login required)

View Item View Item