PENERAPAN PENDEKATAN SANTIFIK PADA PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI


CATUR WULANDARI, 0103515087 (2020) PENERAPAN PENDEKATAN SANTIFIK PADA PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_CATUR.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Catur. 2019. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Ali Sunarso, M.Pd., Pembimbing II Dr. Sungkowo Edy Mulyono, S.Pd., M.Si. Kata kunci : pendekatan saintifik, pembelajaran sains, perkembangan bahasa Pembelajaran yang tepat dilakukan oleh guru akan mendorong kemampuan anak dalam mengungkapkan bahasa. Kemampuan anak dalam berbahasa dan berkomunikasi yang ditunjukkan oleh siswa memberikan arti bahwa adanya partisipasi siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru. Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Melalui pendekatan ini, para siswa yang menjadi subjek akan berusaha untuk membentuk sendiri ilmu pengetahuan karena pembelajaran berpusat pada anak. Siswa adalah subjek yang memiliki potensi dan proses pembelajaran seharusnya diarahkan untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki siswa tersebut. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran sains dengan pendekatan saintifik, (2) Pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran sains, dan (3) Cara menstimulasi perkembangan mengungkapkan bahasa pada anak melalui penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran sains. Fokus permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran saintifik adalah untuk menstimulasi perkembangan mengungkapkan bahasa pada anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perencanaan pembelajaran sains dengan pendekatan saintifik, (2) menganalisis pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran sains, dan (3) menganalisis cara menstimulasi perkembangan mengungkapkan bahasa anak melalui penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran sains. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Penelitian ini menggunakan tiga teknik keabsahan diantaranya adalah triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi teori. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), memperhatikan materi dan tema pembelajaran sains, melakukan penataan lingkungan main, dan membuat evaluasi pembelajaran. Perencanaan tersebut semuanya mengarah pada proses pelaksanaan pembelajaran sains berpendekatan saintifik. Kedua, pelaksanaan pembelajaran berpendekatan saintifik dalam menstimulasi perkembangan mengungkapkan bahasa anak usia dini, dilakukan dengan menerapkan komponen pendekatan saintifik pada pelaksanaan pembelajaran. Komponen tersebut diantaranya adalah dengan melalui tahapan observasi atau pengamatan, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi/melakukan percobaan, menalar, dan mengkomunikasikan. Ketiga, penerapan 5 aspek pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan membantu menstimulasi beberapa aspek dalam perkembangan mengungkapkan bahasa, diantaranya adalah anak dapat menjawab pertanyaan dengan lebih kompleks, anak dapat berkomunikasi secara lisan, anak dapat menyusun kalimat sederhana dengan struktur lengkap, anak dapat memiliki lebih banyak kata untuk mengekspresikan ide kepada orang lain, anak dapat melanjutkan cerita dan juga memahami konsep – konsep yang ada pada cerita tersebut. Simpulan dari penelitian ini, penyampaian pembelajaran yang efektif melalui penerapan pendekatan saintifik membuat perkembangan mengungkapkan bahasa pada anak dapat terstimulasi dengan baik. Kemampuan anak dalam mengungkapkan bahasa ini akan berperan membangun karakter positif lainnya seperti meningkatkan keberanian dalam mengungkapkan pendapat, meningkatkan kepercayaan diri anak, membuat anak pantang menyerah, dan selalu berusaha mencoba dalam setiap kegiatan. Selain itu nak akan terbiasa mengembangkan kemampuan berpikirnya ketika melakukan kegiatan. Hal ini akan memberikan dampak positif pada perkembangan kognitif anak

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, pembelajaran sains, perkembangan bahasa
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Feb 2020 13:14
Last Modified: 09 Mar 2020 12:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35094

Actions (login required)

View Item View Item