PERAN KEPRIBADIAN, KECERDASAN ADVERSITAS DAN KREATIVITAS DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA MELALUI KELIBATAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN KEWIRAUSAHAAN


BAYU SETYAJI, 0701517006 (2020) PERAN KEPRIBADIAN, KECERDASAN ADVERSITAS DAN KREATIVITAS DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA MELALUI KELIBATAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN KEWIRAUSAHAAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_BAYU.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Setyaji, Bayu. 2020. “Peran Kepribadian, Kecerdasan Adversitas dan Kreativitas dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Melalui Kelibatan Mahasiswa dalam Perkuliahan Kewirausahaan”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Heri Yanto, M.B.A., Ph.D., Pembimbing II Dorojatun Prihandono, S.E., M.M., Ph.D. Kata Kunci: kepribadian, kecerdasan adversitas, kreativitas, kelibatan siswa, minat wirausaha. Lulusan dari Fakultas Ekonomi yang terdiri dari beberapa program studi memang dipersiapkan untuk menempati pekerjaan sesuai dengan bidang kuliahnya, seperti prodi akuntansi yang dipersiapkan untuk menjadi akuntan dan prodi lain sesuai bidangnya. Jika lulusan tersebut belum mampu mendapatkan pekerjaan dan menjadi pengangguran, akan lebih baik jika lulusan tersebut mampu mandiri dengan memilih berwirausaha sebagai jalan keluar. Minat wirausaha tidak tumbuh dengan sendirinya, namun dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor dan proses. Proses tidak dapat berdiri sendiri, tentunya terdapat input dan output sebagai rangkaiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari kepribadian, kecerdasan adversitas, kreativitas serta kelibatan siswa dalam meningkatkan minat wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dengan sampel berjumlah 168 responden dari mahasiswa Fakultas Ekonomi angakatan 2015 dan 2016. Seluruh analisis deskriptif dari kepribadian, kecerdasan adversitas, kreativitas, kelibatan siswa dan minat wirausaha menunjukan kriteria yang tinggi. Data dalam penelitian ini telah memenuhi uji normalitas dan multikolinieritas, pengujian outlier tidak perlu dilakukan karena data telah berdistribusi normal. Kemudian pada uji Goodness of Fit Indeks semua syarat dinyatakan fit. Pengujian hipotesa memberikan hasil bahwa seluruh hipotesa dalam penelitian ini diterima. Hasil penelitian menunjukan kecerdasan adversitas berpengaruh terhadap kepribadian. Kecerdasan adversitas berpengaruh terhadap kelibatan mahasiswa. Kecerdasan adversitas berpengaruh terhadap kreativitas. kepribadian berpengaruh terhadap kelibatan siswa. Kreativitas berpengaruh terhadap kelibatan siswa. Kepribadian berpengaruh terhadap minat wirausaha. Kelibatan siswa berpengaruh terhadap minat wirausaha. Kreativitas berpengaruh terhadap minat wirausaha. Seluruh variabel dalam penelitian ini berada dalam kriteria tinggi pada analisis deskriptif. Melihat hasil dalam penelitian ini seharusnya pihak yang berwenang dibawahnya mampu menindak lanjuti kesempatan ini agar dapat mengurangi kemungkinan lulusan yang menganggur akibat tidak mendapatkan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kepribadian, kecerdasan adversitas, kreativitas, kelibatan siswa, minat wirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Feb 2020 13:02
Last Modified: 09 Mar 2020 12:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35093

Actions (login required)

View Item View Item