PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI


AIDA FITRIYANI KHUSNIYATI, 0103515083 (2020) PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_AIDA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khusniyati, Aida Fitriyani. 2020. “Pengaruh Metode Total Physical Response Berbantuan Media Flash Card terhadap Kemampuan Menyimak dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd., Pembimbing II Dr. Haryadi, M.Pd. Kata Kunci : Total Physical Response, Flash Card, Kemampuan Menyimak, Kosakata Bahasa Inggris Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan menyimak dan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak di RA Islamic Tunas Bangsa 4 Ngaliyan antara lain kemampuan menyimak dan kosakata bahasa Inggris anak masih rendah, siswa kurang antusias dalam pembelajaran bahasa Inggris, guru masih menggunakan metode konvensional/ceramah, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini temasuk penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen non equivalent pre test-post test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa TK B di Kecamatan Ngaliyan. Sampel penelitian berjumlah 36 anak dimana 18 anak sebagai kelompok eksperimen dan 18 anak sebagai kelompok control. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pengaruh metode Total Physical Response terhadap kemampuan menyimak anak menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 4,110 lebih besar dari ttabel 2,101 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Keberhasilan tersebut dikarenakan metode Total Physical Response membuat anak menjadi lebih aktif, sebab anak diberi kesempatan untuk bersama-sama melakukan gerakan yang diperintahkan guru. 2) pengaruh metode Total Physical Response terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 1,469 lebih kecil dari ttabel 2,101 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal tersebut dikarenakan bahwa masih banyak siswa masih belum menguasai kosakata bahasa Inggris. Penggunaan metode TPR diketahui lebih optimal digunakan oleh guru pada saat berinteraksi dengan siswa di luar pembelajaran materi bahasa Inggris. 3) pengaruh metode Total Physical Response berbantuan media flash card terhadap kemampuan menyimak anak menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 4,664 lebih besar dari ttabel 2,101 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Keberhasilan tersebut dikarenakan guru mengkolaborasikan metode TPR dengan flash card dan permainan simon say, karena dengan bernyanyi dan bermain siswa lebih senang dan bersemangat mempelajari bahasa Inggris. 4) pengaruh metode Total Physical Response berbantuan media flash card terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 5,407 lebih besar dari ttabel 2,101 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Keberhasilan tersebut dikarenakan pemberian stimulasi pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui penggunaan media flash card menghasilkan respon dari anak berupa anak dapat melafalkan kata, meyimak kata, mengenal tulisan kata dan memahami arti kata.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Total Physical Response, Flash Card, Kemampuan Menyimak, Kosakata Bahasa Inggris
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Feb 2020 17:47
Last Modified: 26 Feb 2020 17:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35091

Actions (login required)

View Item View Item