PENGEMBANGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DALAM MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN CIREBON


TRISYAGIL, 0104516014 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DALAM MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN CIREBON. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_TRISYAGIL.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Trisyagil, 2019. “Pengembangan Media Macromedia Flash dalam Model Project Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Susukan Kabupaten Cirebon. Tesis. Program Studi Pengembangan Kurikulum. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I, Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom, Ph.D. Pembimbing II Dr. Kustiono, M.Pd. Kata Kunci: Macromedia Flash, Project-based Learning, Motivasi dan Hasil belajar. Penggunaan media konvensional dapat menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dapat memacu motivasi dan efektivitas belajar siswa lebih cepat pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan, kelayakan serta mengetahui efektivitas pengembangan media Macromedia Flash dalam model Project Based Learning pada pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Susukan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Sample Random, dengan sampel eksperimen dan kontrol sejumlah 100 siswa. Data diambil menggunakan metode observasi, tes, angket, lembar validasi para ahli dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Paired Sample t Test yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian ini uji coba validasi dari ahli materi dengan skor 72, validasi ahli media diperoleh skor 58 dan validasi ahli praktisi diperoleh skor 75. Penilaian dari ahli materi, ahli media dan ahli praktisi menunjukkan media Macromedia Flash berada dalam kategori layak. Uji efektifitas pengembangan media Macromedia Flash pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat dibuktikan dengan uji hipotesis, data yang diperoleh diketahui untuk kelas eksperimen (pre-tes) dan (pos-tes) dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, kelas kontrol dengan nilai (pre-tes) dan (pos-tes) Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, dan nilai motivasi belajar pada (pre-tes) dan (pos-tes) kelas eksperimen Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan pada (pre-tes) dan (pos-tes) kelas kontrol Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan media Macromedia Flash dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat memperkuat teori teknologi pembellajaran, terutama pada pengembangan bahan ajar Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, Project-based Learning, Motivasi dan Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 25 Feb 2020 14:45
Last Modified: 25 Feb 2020 14:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35086

Actions (login required)

View Item View Item