EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKALBERBASIS FUTURE TIME PERSPEKTIVE UNTUK MENINGKATKAN CAREER DECISION MAKING SELF-EFFICACY DENGAN MENGONTROL TINGKAT OPTIMISME


NUR ENSTIN, 0106517084 (2020) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKALBERBASIS FUTURE TIME PERSPEKTIVE UNTUK MENINGKATKAN CAREER DECISION MAKING SELF-EFFICACY DENGAN MENGONTROL TINGKAT OPTIMISME. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_NUR_ENSTIN.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (948kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Enstin, Nur. 2020. “Efektivitas Bimbingan Klasikal Berbasis Future Time Perspective Untuk Meningkatkan Career Decision Making Self-Efficacy Dengan Mengontrol Tingkat Optimisme”. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., kons. Pembimbing II Sunawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: Career decision making self-efficacy, future time perspective, bimbingan klasikal, optimisme. Pengambilan keputusan karir merupakan suatu tahapan penting yang harus diambil oleh remaja. Mengingat peranan self-efficacy pengambilan keputusan karir yang sangat penting dalam menentukan karir yang akan dijalani individu maka memberikan intervensi kepada siswa agar siswa dapat membuat keputusan karir yang optimal sangat diperlukan untuk dilakukan. Salah satu intervensi yang dapat digunakan untuk meningkatkan self-efficacy keputusan karir adalah Bimbingan klasikal berbasis future time perspective. Karena Perspektif waktu mendatang (FTP) dipandang sebagai masukan kunci untuk pengambilan keputusan karir. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Bimbingan Klasikal Berbasis Future Time Perspective Untuk Meningkatkan Career Decision Making Self-Efficacy Dengan Mengontrol Tingkat Optimisme. Penelitian ini melibatkan 120 subjek penelitian yang berasal dari 4 kelas yang dipilih secara purposive sampling. Subjek dibagi menjadi dua kelompok eksperimen dan kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri dari 60 siswa. menggunakan skala career decision self-efficacy sohrt-form, live orientation testrevised, dan future time perspective scale. Teknik analisis menggunakan mixed ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan antar waktu dari intervensi bimbingan klasikal terhadap CDSME terlihat bahwa angka signifikansi untuk CDSME adalah (F1 = 5,37**; p < 0.05). Sedangkan efek interaksi didapatkan bahwa angka signifikansi untuk CDSME adalah (F2 = 63.88**; p<0,05). terjadi efek interaksi skor career decision making self-efficacy yang didapatkan siswa dari pretest , posttest hingga follow up dampak dari diberikan bimbingan klasikal berbasis future time perspective. Untuk efek optimisme sebagai kontrol pada bimbingan klasikal berbasis future time perspective untuk meningkatkan CDSME secara simultan tidak memberikan efek terhadap peningkatan antar waktu untuk skor CDSME yang diperoleh siswa, didapatkan nilai sebesar (F2 = 2.73***; p >0,05). Dari hasil yang didapatkan didalam penelitian ini, dapat dapat disimpulkan bahwa peningkatan career decision making self-efficacy terjadi benar akibat adanya intervensi bimbingan klasikal berbasis future time perspective yang diberikan kepada siswa, dan bukan terjadi akibat pengaruh kontrol dari variabel lain yaitu optimisme. Artinya bimbingan klasikal berbasis future time perspective efektif untuk meningkatkan career decision making self-efficacy siswa. Untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan model penelitian atau variabel lain yang belum dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Career decision making self-efficacy, future time perspective, bimbingan klasikal, optimisme. Pengambilan keputusan karir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 25 Feb 2020 13:40
Last Modified: 25 Feb 2020 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35084

Actions (login required)

View Item View Item