ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PROJECT BASED BLENDED LEARNING (PjB2L) DENGAN MOODLE


LIA MARLIANI, 0401517001 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PROJECT BASED BLENDED LEARNING (PjB2L) DENGAN MOODLE. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_LIA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Marliani, L. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Project Based Blended Learning (PjB2L) dengan Moodle. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Prof. Dr. St. Budi Waluya, M.Si., Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar, PjB2L dan Moodle Rendahnya kemampuan komunikasi matematis materi trigonometri kelas XMIPA dipengaruhi oleh gaya belajar siswa. Pembelajaran mandiri diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menawarkan sebuah proses pembelajaran yang memberi ruang bagi siswa mengungkapkan gagasan/ide matematis sehingga siswa mampu membangun pengetahuannya sendiri. Pembelajaran PjB2L dengan moodle dapat membantu mengubah gaya belajar siswa dan membangkitkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas pembelajaran matematika pada pembelajaran PjB2L dengan moodle terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Mixed Method. Strategi penelitian yang digunakan yaitu sequential explanatory design, dengan desain penelitian Quasi experimental design tipe Nonequivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis, dan gaya belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, angket, lembar observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Garawangi Kabupaten Kuningan. Sampel kuantitatif yaitu siswa kelas XMIPA3 dan XMIPA4. Sampel kualitatif dipilih berdasarkan kategori gaya belajar sebanyak enam siswa. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif dengan uji statistika parametrik Teknik analisis data kualitatif yaitu dengan deskriptif analisis. Hasil analisis kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa pembelajaran PjB2L dengan moodle berkualitas baik memenuhi tiga indikator yaitu perangkat pembelajarannya valid, hasil pengamatan observer keterlaksanaan pembelajarannya praktis serta efektif pada kemampuan komunikasi terbukti dari hasil kemampuan komunikasi matematis siswa tuntas klasikal maupun individual, rata-rata meningkat dan proporsi siswa lebih baik. Hasil juga menunjukkan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi namun hasil analisis kualitatif menunjukkan setiap kategori gaya belajar siswa memiliki hasil kemampuan komunikasi berbeda disetiap tingkatan kemampuan komunikasi. Sehingga pembelajaran PjB2L dengan moodle pada kemampuan komunikasi ditinjau dari gaya belajar dapat menjadi salah satu solusi meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar, PjB2L dan Moodle
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 25 Feb 2020 12:59
Last Modified: 25 Feb 2020 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35082

Actions (login required)

View Item View Item